Sukses

Ford EcoSport dan Fiesta Menghilang dari Dealer, Kenapa?

Sejumlah model Ford sudah tak tersedia lagi. Merek Amerika Serikat (AS) itu turut memberikan potongan harga untuk Everest.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki penghujung tahun, sejumlah model yang dijajakan Ford di Indonesia terpantau telah habis. Meskipun, mereka tetap menyediakan promo menarik untuk menjual model yang tersisa. 

Temuan Liputan6.com di lapangan, dealer Ford rupanya tidak lagi menjual beberapa model seperti Fiesta, EcoSport, dan Focus.

"Semuanya sudah habis stock. Itu sepertinya sudah tidak ada lagi di semua dealer, kecuali Everest dan Ranger," ucap seorang tenaga penjual Ford yang tak ingin disebutkan namanya kepada Liputan6.com, Selasa (27/12/2016).

Dia menyatakan, ketiga model tersebut belum tentu akan hadir di tahun depan. Jika pun masih ada, tentu yang menjualnya dari pihak dealer mobil bekas.

"Cuma kalau untuk after sales tak perlu khawatir, soalnya Ford sudah dipegang RMA Indonesia (distributor Ford dari Thailand)," ujarnya.

Sementara itu, hadirnya RMA Indonesia hanya untuk layanan after sales dan suku cadang. Mereka tidak mendapat wewenang menjual mobil. 

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Ford sepanjang Januari-November 2016 hanya mencapai 482 unit. Tentu saja, penurunan drastis Ford ini tak lain dampak dari mundurnya FMI. 

Dari jumlah data tersebut, distribusi dari pabrik ke dealer paling banyak terjadi pada November 2016 dengan 119 unit.

Adapun dari jumlah tersebut beberapa produk yang terjual antara lain Ford Fiesta laku 29 unit, kemudian Ford Ecosport 92 unit, lalu Ford Everest 182 unit, Focus satu unit, dan Ranger 178 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.