Sukses

3 Trik Bikin Mesin Irit BBM Saat Macet-Macetan

Tiga trik agar mesin tetap irit BBM meskipun berkendara dengan kondisi macet.

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan menimbulkan banyak kerugian. Selain waktu, banyak bahan bakar yang menguap begitu saja.

Bagaimana tidak, tingginya volume kendaraan membuat arus lalu lintas padat. Rute yang biasanya ditempuh hanya beberapa menit kini berkali lipat dan bikin stress pengendara.

Selain itu, konsumsi BBM kendaraan juga dipastikan makin boros. Lantas bagaimana cara mengatasinya dan membuatnya irit BBM?

Setidaknya ada tiga hal yang perlu ada perhatikan betul sebagaimana dilansir dari Astraworld. Pertama, bagi pengguna mobil transmisi otomatis, jangan menggunakan modus D saat berhenti menunggu macet. Sebab ketika berada di posisi tersebut dan pedal rem diinjak, laju mobil akan tertahan.

Praktis, kondisi ini membuat beban mesin lebih berat sehingga membuat konsumsi BBM lebih boros.

Disarankan, gunakan modus N ketika mobil diperkirakan berhenti. Pada posisi ini mesin mobil tidak akan terbebani dan pada akhirnya memuat distribusi bensin lebih hemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Nah, hal yang kedua adalah hindari menginjak gas terlalu dalam ketika transmisi dari berhenti kemudian jalan. Tekan pedal perlahan sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Kemudian yang ketiga adalah atur suhu kabin. Jangan posisikan temperatur pada posisi terendah. Ketika suhunya terasa cukup segera naikkan agar kinerja kompresor AC tak terlalu berat. Kondisi ini bisa membuat kompresor berhenti bekerja, yang pada akhirnya mengurangi beban pada mesin dan irit BBM. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini