Sukses

Inilah Daftar Kota Indonesia yang Paling Safety buat Pengendara

Adira Insurance mengumumkan pemenang Indonesia Road Safety Award 2016 (IRSA 2016)

Liputan6.com, Jakarta - Adira Insurance mengumumkan pemenang Indonesia Road Safety Award 2016 (IRSA 2016). Hasilnya, ada dua kota dan kabupaten berpredikat terbaik dalam hal keselamatan lalu lintas jalan.

Kedua kota tersebut adalah Surabaya dan Balikpapan. Sementara dua kabupaten yang dimaksud, yakni Jepara dan Pekalongan.

Surabaya keluar sebagai pemenang di kategori kota pada kategori jumlah penduduk di atas satu juta jiwa. Sedangkan Balikpapan menang pada kategori kota berpenduduk di bawah satu juta jiwa. Berdasarkan penilaian, kedua kota itu menerapkan lima pilar Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK).

Dijelaskan, kelima pilar tersebut adalah Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User), dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Cash Response).

Chief Executive Officer Adira Insurance Indra Baruna sangat gembira melihat lahirnya program-program inovatif baru yang secara serius diterapkan oleh pemerintah kota dan kabupaten setempat.

"Program baru ini diharapkan dapat menjadi langkah preventif yang baik dalam menekan angka kecelakaan jalan di wilayahnya masing-masing," katanya di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

IRSA 2016 juga memberikan penghargaan dalam kategori khusus ke beberapa kota. Berikut rinciannya:

- Kota atau kabupaten dengan Peningkatan Indeks Keselamatan Jalan Terbaik - Kota Tangerang Selatan

- Kota atau kabupaten dengan Inovasi Program Keselamatan Jalan Terbaik - Kabupaten Jepara

- Kota atau kabupaten pada Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Angkutan Umum - Kota Semarang

- Kota atau kabupaten pada Upaya Meningkatkan Kualitas Sarana Pejalan Kaki yang Berkeselamatan - Kota Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini