Sukses

Suzuki Hayabusa Turun Harga

Suzuki Hayabusa resmi dirakit dan dijual di India. Harganya jadi lebih murah.

Liputan6.com, Delhi - Suzuki Hayabusa resmi dijual di India, tepatnya di Suzuki Big Bike Dealership, dengan harga 1,388 juta rupee atau setara Rp 272,58 juta. Sebagai pembanding, di Indonesia motor yang sama dibanderol Rp 300 jutaan.

Perbedaan harga yang cukup signifikan ini disebabkan karena Hayabusa yang baru diluncurkan itu dirakit di dalam negeri (CKD), tidak seperti Indonesia yang masih mengimpornya langsung dari Jepang secara utuh (CBU).

Ya, sebagaimana dikutip dari motoroids.com, Selasa (8/11/2016), Hayabusa yang diperkenalkan ini dirakit di pabrik Suzuki di pabrik Gurgaon, Haryana, India. Perakitannya pertama kali dilakukan pada Maret 2016 lalu.

Suzuki Motorcycle India Private Limited (SMIPL) menjual Hayabusa ini dengan tiga pilihan warna, yaitu Glass Sparkle Black / Pearl Glacier White (AGT), Pearl Vigor Blue / Glass Sparkle Black (BBD), dan Glass Sparkle Black (YVB).

Meski dirakit di luar Jepang, namun spesifikasinya sama persis dengan yang ada di pabrik induk. Sepeda motor ini masih menggunakan mesin berkapasitas 1.340 cc 4-stroke inline-four, liquid-cooled, DOHC, 16-valve. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 197 Tk dan torsi 138,7 Nm, dengan kecepatan motor hampir 300 km per jam.

Ini adalah kali pertama Suzuki merakit Hayabusa di luar Jepang. India dipilih karena di Anak Benua itu terdapat peningkatan permintaan untuk big bike.

Implikasinya memang langsung terasa. Saat mengumumkan CKD, Suzuki Hayabusa langsung dipesan dengan jumlah lebih dari 100 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini