Sukses

Motor Listrik Viar Rilis Akhir Tahun, Harga di Bawah Rp 20 Juta

Viar Motor Indonesia menjanjikan motor listrik mereka paling lambat akan mengaspal di jalanan umum pada Desember tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Viar Motor Indonesia menjanjikan motor listrik mereka paling lambat akan mengaspal di jalanan umum pada Desember tahun ini. Sekarang, motor tersebut masih dalam proses untuk dibuatkan STNK.

"Uji tipe sudah, sekarang dalam proses pembuatan STNK. Hitung-hitungan kami paling lambat sekali sudah bisa dikirim Desember nanti," ujar Frengky Osmond, Marketing Communication Viar kepada Liputan6.com, Jumat (9/9/2016).

Menurutnya, motor listrik memang butuh waktu yang relatif lebih lama untuk legalisasi, jika dibandingkan dengan motor konvensional. Hal ini, menurutnya, adalah karena regulasi kendaraan non mesin bensin belum siap.

Viar memperkenalkan dua motor listrik sekaligus di ajang Jakarta Fair Kemayoran, pertengahan Juni lalu. Kedua motor ini dinamakan Pulse dan Q1.

Pulse dan Q1 diproduksi di pabrik Viar yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Meski telah dirakit secara lokal, mesin masih menggunakan punya Bosch. Kecepatan motor telah dibatasi menjadi hanya 60 km/jam dengan alasan keselamatan.

Dari sektor keamanan dan keselamatan, Pulse dan Q1 dilengkapi rem cakram depan dan belakang, alarm, keyless start engine, dan lampu LED. Frengky juga mengklaim kendaraan ini tahan air yang sudah dilakukan dengan serangkaian uji coba.

Sejak diperkenalkan itu, Frenky mengatakan sudah banyak yang memesan. Jumlahnya sekira ratusan pemesan, yang sebagian besar merupakan konsumen individu yang berdomisili di Jakarta. Harganya masih di bawah Rp 20 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini