Sukses

Maniak Vespa dan Cafe Racer Kumpul Bareng Rayakan 17-an

Acara tahunan Mods vs Rockers akan kembali digelar pada 17 Agustus 2016 di Gudang Sarinah, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Acara tahunan Mods vs Rockers akan kembali digelar di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2016. Jika tahun lalu acara dipusatkan di Wisma Aldiron, maka tahun ini Mods vs Rockers akan dihelat di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan.

Hajatan tahunan komunitas skuter dan motor custom ini mengambil tema 'Warna Warni Indonesia Satu'. Menurut penyelenggara, tema tersebut dipilih agar penggemar skuter dan motor custom bahu membahu dalam berbagai hal, termasuk seni, meski secara garis style mereka bertolak belakang.

"Tahun ini kami membuat warna berbeda dengan mengajak kalangan penggemar skuter dan motor custom yang berpotensi di bidang seni untuk bersama berkontribusi mengisi hari kemerdekaan," ujar Adrian Kiagus, penggagas Mods vs Rockers Indonesia, dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (15/8/2016).

Dalam rangka itu, mereka akan 'menyulap' Gudang Sarinah menjadi "arena untuk menumpahkan kreativitas seni." Kegiatan ini mendapat dukungan dari Nviozone, PT. Mayora Indah Tbk., Piaggio Indonesia, Royal Enfield Indonesia, PT Meta Dwiguna Corp., Paul Frank Indonesia, dan JP Helmet.

Gedung Sarinah yang terdiri dari tiga bangunan dimana masing-masing luasnya 3.000 meter persegi ini awalnya dibangun untuk menyimpan stok barang-barang kebutuhan pokok dari pusat perbelanjaan Sarinah. Idenya datang langsung dari Presiden Pertama RI, Bung Karno. Tapi memang pada akhirnya harus terbengkalai.

Mods vs Rockers nanti akan diisi oleh sejumlah konten. Selain perlombaan khas 17 Agustus-an, ada pula kegiatan kreatif lain seperti mural, live exhibition, lomba mengecat helm, serta pameran motor klasik dan custom. Tak ketinggalan, akan ada pula kontes skuter, bazaar komunitas, dan penampilan band.

Sebagai informasi tambahan, mods dan rockers sederhananya adalah dua subkultur pemuda yang berkembang di era 60-70an di Inggris. Ciri khas keduanya sangat berbeda, bahkan bertentangan. Dengan daya tarik yang dimiliki, keduanya mampu mempengaruhi lifestyle anak-anak muda saat itu, bahkan termasuk aliran modifikasi motor.

Ciri khas kelompok mods adalah mengendarai skuter dengan mengenakan jas dan pakaian cleancut lainnya. Genre musik yang mereka anut adalah souls, rhythm and blues, dan ska. Sementara rockers umumnya mengendarai motor cafe racer, mengenakan jaket kulit hitam dan sepatu bot. Sedangkan jenis musik pilihan mereka adalah rock and roll.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.