Sukses

Proyek Besar Mitsubishi Itu Bernama XM Concept

Liputan6.com, Jakarta Pasar kendaraan otomotif Indonesia masih tumbuh, terutama permintaan terhadap Multi Purpose Vehicle (MPV). Tahun lalu misalnya, MPV meraup pangsa pasar sebesar 60 persen. Dari total penjualan mobil yang mencapai 1 juta unit.

Dalam rangka mengantisipasi pertumbuhan tersebut, Kramayudha Tiga Berlian (KTB) Motors dan Mitsubishi Corporation tengah mengerjakan dua proyek besar. Salah satunya adalah small MPV yang benar-benar baru.

Hari ini (11/8/2016), mobil konsep small MPV itu diperkenalkan ke publik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di hall 8 ICE, BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

Kozo Shiraji, Executive Vice President of Mitsubishi Motors Corporation, mengatakan bahwa small MPV yang akan dibuat akan punya karakter SUV, yang diklaim merupakan segmen andalan Mitsubishi.

"Mitsubishi punya tradisi yang panjang di teknologi SUV, seperti Pajero, Pajero Sport. Kami memutuskan untuk mempergunakan kekuatan ini untuk menciptakan produk small MPV," ujar Shiraji.

Meski secara formal merupakan small MPV, namun karena mengadopsi keandalan SUV, mobil konsep ini dimasukkan dalam kategori baru bernama small crossover MPV. Apa yang diadopsi dari SUV adalah tampilan dan utilitasnya.

Selain XM Concept, proyek besar lainnya yang sedang Mitsubishi kerjakan adalah pembangunan pabrik baru di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini akan menjadi salah satu pabrik terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas produksi sebanyak  160 ribu unit per tahun.

Loading