Sukses

Malaysia Harap Saingi Dominasi Indonesia dan Thailand di Otomotif

Malaysia mencanangkan diri untuk menjadi negara industri otomotif terkemuka di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Di Asia Tenggara, dua negara yang paling mendominasi sektor otomotif dalam hal produksi atau penjualan adalah Thailand dan Indonesia. Di dua negara ini banyak merek berinvestasi dengan nilai yang signifikan. Banyak pabrik dibangun, ribuan tenaga kerja direkrut, dan lain sebagainya.

Tak mau tinggal diam, Malaysia juga mencanangkan diri untuk menjadi negara industri otomotif terkemuka di regional ini. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perdagangan dan Industri Internasional, Datuk Seri Mustapa Mohamed.

Menurutnya, Malaysia mampu dan sudah seharusnya terkemuka di sektor otomotif Asia Tenggara. "Saya tetap yakin bahwa masa depan industri otomotif Malaysia cerah," ujar Mustapa, dikutip dari nst.com.my, Senin (25/7/2016).

Ia mengatakan, pemerintah Malaysia akan melakukan semuanya untuk bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan. Di satu sisi, ia juga mengingatkan industri otomotif harus lebih agresif dan proaktif untuk tetap kompetitif.

"Pada akhirnya, bagaimanapun, keberhasilan ini tergantung pada pelaku industri itu sendiri. Kuncinya adalah apakah kita punya tekad untuk melihat itu," kata Mustapa, di sela peluncuran sedan Perodua Bezza, pekan lalu.

Khusus Bezza, Mustapa mengatakan model ini harus menjadi simbol kebangkitan industri otomotif Malaysia. "Bezza harus jadi simbol apa yang kita mampu, dan pengingat bahwa kita bisa menjadi lebih baik," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden dan CEO Perodua, mengatakan bahwa mereka sedang melakukan pembenahan struktur ekspor dan menempatkan lebih banyak sumber daya ke dalamnya. Akan ada 2.700 unit Bezza yang akan diekspor hingga akhir tahun ini.

Mustapa juga mengatakan bahwa prospek industri otomotif Malaysia akan semakin maju dengan perjanjian Trans Pacific Partnership (TPP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.