Sukses

Ban Asimetris Michelin di GP Sachsenring Ada 3 Pilihan

Sirkuit Sachsenring memiliki tikungan kiri yang panjang dan cepat.

Liputan6.com, Paris - Balapan MotoGP di Jerman akhir pekan ini disambut secara spesial istimewa bagi Michelin. Pabrikan asal Prancis itu menyiapkan ban asimetris khusus laga di sirkuit Sachsenring.

Dilansir Roadracingworld, karakter sirkuit ini secara teknis memiliki tikungan kiri yang panjang dan cepat, tikungan lambat di kanan, serta aspal yang abrasif. Selain itu, panjang sirkuit hanya 3.671 meter atau yang terpendek diantara sirkuit lainnya dalam kalender balap 2016.

Michelin akan memasok Power Slick asimetris untuk roda depan dan belakang. Pabrikan dengan logo Bibendum menyediakan dua kompon yakni soft yang dicirikan garis putih dan hard dengan ciri garis kuning untuk roda depan.

Sementara itu pada roda belakang, pembalap bisa memilih kompon medium yang dicirikan tidak ada garis di dinding ban serta hard dengan simbol garis kuning. Beragamnya pilihan kompon ini sangat krusial untuk menghasilkan performa motor yang baik.

Alasan lain beragamnya kompon untuk GP Sachsenring ini untuk mendukung tingkat keselamatan maksimum dan durabilitas selama balap berlangsung.

Michelin juga menyediakan ban Power Rain untuk antisipasi perubahan cuaca saat hujan seperti ketika balapan di Assen beberapa waktu lalu serta Power Inters untuk situasi balapan dengan cuaca tidak menentu.

Adapun sirkuit Sachsenring ini berlokasi sekitar 100 kilometer dari Dresden. Sirkuit ini sempat menggelar balapan di jalanan tertutup seperti halnya Assen, Brno, dan Isle of Man. Namun sejak 1996, balapan diselenggarakan dalam trek yang dibangun dekat kota Hohenstein-Ernstthal. Sachsenring mulai menggelar Grand Prix MotoGP sejak 1998.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini