Sukses

Kenali Beragam Jenis Stang Sepeda Motor

Berikut adalah beberapa jenis stang sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Stang adalah salah satu bagian sepeda motor yang paling sering dimodifikasi. Biasanya jenis stang ini disesuaikan dengan aliran modifikasi yang diterapkan pada motor.

Fungsi utama stang adalah untuk mengontrol laju kendaraan dengan terhubung langsung ke roda. Saat stang diubah, maka itu mempengaruhi pula kontrol berkendara. Stang yang panjang misalnya, akan membuat pengendaranya sulit bermanuver di jalan sempit.

Tapi, sebagaimana umumnya penunggang motor modifikasi, hal yang diutamakan adalah penampilan, sementara urusan kenyamanan nomor sekian. Apalagi jika modifikasi yang dilakukan sudah tergolong ekstrem.

Lalu, apa saja jenis-jenis stang tersebut? Diolah dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya. Sedikit catatan, ada beberapa stang yang tidak dimasukkan ke dalam daftar, misalnya beach bar dan drag bar.

Stang jepit

Di Indonesia, stang model clip on lebih dikenal dengan nama stang jepit. Ciri khas dari stang ini adalah dijepit ke suspensi depan, dan menjorok ke bagian dalam motor. Biasanya stang ini digunakan pada motor sport.

Motocross bar

Kalau jenis ini, biasanya dikenal dengan sebutan stang baplang. Punya sudut lebar dan panjang, stang ini cocok untuk dipakai di jalanan offroad, tapi tak nyaman dipakai di jalanan sempit. Modifikasi dengan gaya minor fighter biasanya pakai stang ini.

Cruiser bar

Stang cruiser agak mirip dengan stang motorcross. Bedanya, posisinya lebih tinggi sehingga membuat posisi duduk pengendaranya tegak. Ini cocok untuk motor penjelajah dan lebih nyaman digunakan saat perjalanan jauh.

Ape handle bar

Mungkin ini adalah stang yang paling nyentrik di antara stang jenis lain. Bentuknya meninggi sehingga pengendaranya harus mengangkat tangan untuk meraih gas. Biasanya stang ini dipakai untuk moge atau modifikasi bergaya chopper.

Z bar

Stang Z mirip dengan stang ape. Bedanya stang ini tak begitu tinggi, dan punya lekukan tajam membentuk huruf `z`. Sama pula dengan stang ape, biasanya stang ini dipakai untuk mendukung motor beraliran chopper.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.