Sukses

Spion Punah di Mobil Jepang, Digantikan Kamera

Liputan6.com, Tokyo - Spion berfungsi penting untuk melihat posisi kendaraan lain yang berada di belakang. Selama ini, spion masih menggunakan cermin konvensional untuk mendapat bayangan kondisi di belakang kendaraan.

Di masa depan, spion tidak lagi menggunakan cermin, melainkan kamera. Pemerintah Jepang juga telah menyetujui penggunaan kamera luar sebagai peranti untuk menangkap visual.

Dilansir Motor1, produksi perdana kamera eksternal akan diperkenalkan tahun ini. Ichikoh Industries jadi pelopor dengan memasok perangkat kamera eksternal mulai Agustus mendatang.

Produsen ini menargetkan 29 mobil baru yang dijual di Jepang memakai kamera eksternal pada 2023 sebagai pengganti spion. Peranti ini menjanjikan banyak keunggulan ketimbang spion konvensional.

Tidak hanya meningkatkan segi penampilan, kamera eksternal juga mengurangi bobot dan meminimalisir hambatan angin di sisi kendaraan, sehingga lebih aerodinamis. Pengemudi juga tidak perlu repot melirik bagian luar dan cukup melihat layar monitor di bagian dalam.

Konsep mirrorless ini sebelumnya juga telah diperkenalkan oleh BMW pada model i8. BMW rencananya juga bakal memakai teknologi kamera eksternal pada 2019 mendatang.