Sukses

Food Truck Menjamur, Suzuki Naikkan Produksinya

Suzuki Motor Thailand menargetkan kenaikan penjualan untuk kendaraan yang dapat menopang kegiatan UKM seperti food truck.

Liputan6.com, Bangkok - Suzuki Motor Thailand menargetkan kenaikan penjualan untuk kendaraan yang dapat menopang kegiatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Salah satunya adalah food truck, yang merupakan bagian dari segmen truk kecil.

Menurut Wallop Treererkngam, Direktur Penjualan dan Pemasaran Suzuki Motor Thailand, mereka tertarik dengan segmen ini karena faktanya pasarnya memang terus tumbuh, terutama di kota besar seperti Bangkok. Demikian seperti yang dikutip dari Bangkokpost, Rabu (8/6/2016).

Pabrikan asal Jepang tersebut telah menetapkan angka penjualan food truck sebanyak 1.500 unit tahun ini. Sebagai pembanding, Suzuki tahun lalu hanya menjual 100 food truck.

Jika terealisasikan, maka Suzuki akan menjadi penguasa di segmen ini. Pasalnya, pelaku industri otomotif Thailand hanya menargetkan penjualan food truck sebesar 3.000 unit saja, atau naik 25 persen dari tahun sebelumnya.

Wallop mengatakan, untuk mencapai target tersebut, beragam kegiatan akan dilakukan. Dari mulai festival di lima provinsi, sampai gathering antar pemilik food truck. Mereka juga akan memberikan harga khusus, termasuk untuk dekorasi mobil.

"Kami harus menyesuaikan strategi bisnis kami untuk menghadapi pasar dan memberikan apa yang diperlukan pelanggan," ujar Wallop.

Untuk diketahui, antara 2012 sampai 2013, penjualan truk kecil di Thailand tercatat sebanyak 10 ribu unit. Tahun lalu, pasarnya turun hingga 15 persen karena kondisi perekonomian nasional yang tidak mendukung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.