Sukses

Airbus Bikin Sepeda Motor dengan Teknologi Pesawat

rangka Light Rider terbuat dari Scalmalloy, alumunium khusus untuk bahan pesawat

Liputan6.com, Paris - Mendengar kata Airbus, pasti langsung terbayang sebuah pesawat terbang. Namun demikian, perusahaan yang berbasis di Blagnac - Prancis, tersebut mulai berkreasi dengan menciptakan sepeda motor.

Kendaraan yang dinamai Light Rider ini merupakan hasil cetakan printer 4D pertama di dunia, di mana APWorks bertugas mencetak rangka dari printer 3D. Anak perusahaan Airbus tersebut menggunakan algoritma bionik untuk merancang struktur rangka dengan prinsip desain alam.

Dilansir Carscoops, Airbus memanfaatkan keunggulan di bidang dirgantara dalam membangun Light Rider, di mana sepeda motor ini dibangun dari ribuan lapis bubuk klogam 30 pM. Pihak APWorks menyebut bila rangka terbuat dari Scalmalloy, alumunium khusus untuk bahan pesawat dengan kekuatan setara titanium.

"Kami telah menggunakan pengetahuan dalam manufaktur untuk menciptakan alat transportasi yang sesuai dengan harapan kami. Ini sangat kuat, ringan, dengan kualitas tertinggi," kata Niels Grafen dari APWorks.

Tidak heran bila bobot keseluruhan Light Rider sangat ringan, yaitu hanya 35 kilogram. Kendaraan roda dua ini ditenagai motor listrik 6kW dengan output 35 Tk dan torsi 130 Nm.

Perbandingan tenaga dan bobot pada Light rider pun serupa dengan mobil super. Light Rider mampu dikendarai hingga 60 kilometer dengan kecepatan maksimum 80 km/jam. 

APWorks berencana memproduksi Light Rider untuk umum, dengan rencana awal 50 unit. Harga motor super ringan tersebut per unit dijual 50 ribu Euro atau sekira Rp 757 jutaan, dengan tanda jadi pemesanan 2 ribu Euro atau sekira Rp 30,2 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.