Sukses

BMW X1 Terbaru Menuju Indonesia?

Liputan6.com, New Delhi - Generasi terbaru BMW X1 resmi diluncurkan di Delhi Auto Show 2016, India. Diprediksi, tak lama lagi SUV kompak asal Munich, Jerman, ini akan segera mengaspal di Indonesia.

Sebagaimana dilaporkan Carbay, bobot X1 terbaru lebih ringan hingga 135 kg dibanding pendahulunya. Dimensi yang dimiliki juga berubah berkat penambahan jarak sumbu 90 mm, perubahan tersebut diklaim menambah kenyamanan penumpang di kabin serta menambah kapasitas penyimpanan barang.

Identitas sebagai BMW dapat terlihat jelas dari kidney grille yang disempurnakan, bumper juga mendapatkan sentuhan, lampu utama LED, dan lampu belakang dengan LED cluster. Interiornya kini tampil lebih baik dengan sebelumnya, desain dashboard-nya seakan lebih mengalir, sedangkan panel instrumen tetap mempertahankan ciri khas BMW.

Di India, X1 diluncurkan dengan varian mesin Diesel 2.0 liter TwinPower yang menghasilkan tenaga 190 Tk dengan torsi puncak 400 Nm, varian bermesin bensin rencananya akan ditambahkan belakangan. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui tranmisi otomatis 8-percepatan. BMW mengklaim, akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 7.6 detik, dengan kecepatan maksimal 219 km/jam.

Beragam fitur menjejali X1 generasi terbaru, sebut saja enam airbags, Hill Descent Control (HDC), Anti-Lock Braking System (ABS) dengan brake assist, Dynamic Stability Control (DSC), Cornering Brake Control (CBC), ban Runflat dengan dinding yang diperkuat, perlindungan benturan samping, hingga immobiliser.

Di pasar Indonesia, X1 akan berhadapan langsung dengan Mercedes-Benz GLA-Class. Saat X1 generasi sebelumnya hadir di Indonesia pada 2013, BMW menawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni diesel dan bensin. Meskipun varian mesin diesel menawarkan pengendaraan yang menyenangkan dengan torsi melimpah, nyatanya varian bensin memiliki peminat yang jauh lebih banyak.