Sukses

All New Fortuner Besutan Karawang Siap Debut 22 Januari

Liputan6.com, Jakarta - Waktu peluncuran all new Toyota Fortuner semakin dekat. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang mencetak Fortuner anyar inipun mulai disibukkan dengan aktivitas produksi.

"Produksi (Fortuner baru) sudah dari awal Januari," ujar Nandi Julyanto Executive General Manager Production Engineering Directorate TMMIN di sela-sela workshop di Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/1).

Saat mengunjungi fasilitas perakitan pabrik TMIIN Karawang sehari setelah peluncuran all new Kijang Innova (24/11/2015), Liputan6.com sudah tidak melihat adanya aktivitas produksi SUV tujuh penumpang itu. Diakui Nandi, saat itu, TMIIN memang sengaja menghentikan produksi untuk sementara karena alasan tertentu.

"Waktu Innova itu Fortuner sengaja diumpetin (makanya tidak terlihat di jalur produksi). Waktu itu kami fokus ke Innova dulu makanya Fortuner berhenti dulu," jelasnya.

TMMIN, lanjut Nandi, tidak bisa menghentikan produksi begitu saja karena ada aturannya. "Misal, kami akan berhenti produksi bulan Oktober, maka dua bulan sebelumnya kita sudah memberitahu ke supplier," tambahnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, lokal konten Fortuner terbaru masih di bawah all new Kijang Innova. "Kalau Innova sudah 80 persenan, Fortuner 60 persenan," ujarnya.

Sebagai informasi, Toyota Fortuner dan Kijang Innova sama-sama dirakit di pabrik Karawang, Jawa Barat. Sementara mesin keduanya dicetak di Plant Sunter, Jakarta Utara. Kedua model ini tidak hanya diniagakan di dalam negeri tetapi juga luar negeri. PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengonfirmasi, all new Fortuner akan dirilis pada 22 Januari.