Sukses

Pria Ini Beli Mobil Rp 5,7 Miliar dengan Cek Kosong

Liputan6.com, Brisbane - Seorang pria membeli sebuah Bentley Continental seharga US$ 423 ribu atau sekitar Rp 5,7 miliar dengan cek kosong. Peristiwa ini terjadi di Brisbane, Queensland, Australia, Juli lalu.

Melansir news.com.au, Rabu (23/12/2015), Gerrard Ian Tillema (35) pergi bersama ayahnya untuk mengunjungi diler. Setelah test drive, ia membuat surat pembelian kendaraan mobil. Ia berjanji akan melunasinya dengan cek.

Tillema kemudian pergi ke salah satu cabang Bank of Queensland. Di sana, ia mentransfer uang sebanyak yang diperlukan dengan cek. Setelah itu, ia kembali ke diler untuk memberikan tanda terima bank. Staf diler telah mengonfirmasi bahwa dana telah disetorkan.

Di kemudian hari, staf diler menerima panggilan dari pihak bank. Ia menerima kabar bahwa cek dari Tillema ternyata palsu. Diler kemudian menyewa debt collector, dan akhirnya menemukan mobil di tempat parkir rumah sakit Redland Bay dengan kondisi utuh.

Sementara Tillema ditemukan beberapa hari setelahnya. Saat itu, ia ditemukan bersama sang ayah sedang menyambangi diler BMW di Southport. Di sana ia berusaha melakukan modus yang sama, yaitu membeli mobil dengan cek kosong. 

Pengacara Tillema, Sam Jackson, mengatakan kliennya sebetulnya tidak berniat melakukan pelanggaran. "Dia terpesona dan benar-benar hanya ingin melihatnya, dan staf penjual begitu akomodatif," ujarnya. 

Jackson juga mengatakan bahwa pelapor tidak mengalami kerugian materi apa pun. "Mobil juga tidak rusak sama sekali,"  tambahnya. 

Hakim Bernadette Callaghan mengatakan bahwa kasus ini cukup aneh. Ia menerima permohonan penyesalan dari Tillema, dan akhirnya menjatuhi hukuman pada terdakwa dengan masa percobaan 9 bulan. (*)