Sukses

Motor-motor Ini Paling Pas Dimodif Gaya Scrambler

Apa motor yang paling cocok untuk dimodifikasi jadi scrambler?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang cukup diminati adalah scrambler. Sejarah modifikasi ini cukup panjang, yaitu bermula dari ajang balap di era 1920an di Inggris.

Lantas, motor apa saja yang paling `ciamik` untuk diubah jadi scrambler? Menurut Hendra Agus, pemilik bengkel modifikasi Baronk Custom di Tajur, Bogor, pada dasarnya motor yang paling enak dimodif scrambler adalah yang bermesin V.

"Modifikasi motor bergaya scrambler itu pada dasarnya yang bermesin V," ujar Agus kepada awak Liputan6.com, Sabtu (19/12/2015).



Modifikasi ini ditujukan agar sepeda motor mampu melalui berbagai medan. Untuk gaya scrambler, ban diganti dengan tipe knobbly/ban tahu, peninggian ground clearance dan knalpot, serta memangkas jok jadi lebih rata.

Hendra menambahkan, selama ia menekuni dunia modifikasi, motor yang enak untuk dibuat scrambler salah satunya adalah Yamaha Scorpio. "Ini karena frame-nya sudah `dapat` ke jenis scrambler. Sehingga ubahannya tidak terlalu banyak" tambahnya.



Selain Yamaha, beberapa model lainnya juga `ciamik` dimodifikasi scrambler. "Honda Tiger dan Megapro juga bisa," ujar Agus. Bukan hanya itu, pria yang sudah belasan tahun menjadi modifikator ini juga mengatakan bahwa motor gede dengan mesin di atas 250 cc juga cocok di-scrambler. "Kalau 250 cc ke atas, Suzuki Inazuma bisa," tambahnya.

Agus menambahkan, bagi seorang modifikator, tantangan yang paling jelas dalam mengubah motor menjadi bergaya scrambler adalah modifikasi rangka. "Misalnya kalau Honda Tiger dan Megapro, itu banyak tambahan bikin frame," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini