Sukses

Begini Bentuk Jip Tertua di Dunia

Sebuah prototipe jip yang paling tua secara resmi masuk ke dalam National Historic Vehicle Register.

Liputan6.com, California Sebuah prototipe jip yang paling tua secara resmi masuk ke dalam National Historic Vehicle Register (NHVR), bertepatan dengan Pearl Harbor Day, Senin (9/12/2015). Jip yang dimaksud adalah Ford Pygmy GP-001.

Melansir Yahoo Autos, jip ini memenuhi tiga dari empat kriteria yang ditetapkan oleh NHVR agar menjadi sebuah kendaraan bersejarah. Kriteria yang dimaksud adalah hubungannya dengan peristiwa bersejarah Amerika Serikat (AS), hubungan dengan tokoh besar, desain dan konstruksi, serta nilai informasinya.

Menurut tim penilai, dengan statusnya sebagai prototipe, Pygmy berkontribusi terhadap desain jip dan perannya dalam pengembangan jip militer. Apalagi, menurut tim penilai, jip adalah salah satu kendaraan utama yang membantu AS memenangkan perang.

Ya, jip ini awalnya memang milik Angkatan Darat AS, saat Perang Dunia (PD) II baru dimulai. Saat itu, mereka mengaku butuh sebuah kendaraan yang memiliki kecepatan, ringan, tetapi mampu mengangkut machine gun untuk tentara di garis terdepan.

Akhirnya, muncullah tiga pabrikan yang mengirimkan prototipenya: Batam, Willys, dan Ford. Meski Batam yang pertama kali membuat prototipe jip, tapi Pygmy lah yang masih bertahan hingga saat ini.

Padahal, jika dibanding dua model lain, prototipe Pygmy terbilang paling sederhana. Misalnya, grill depan datar dan sangat kaku, sementara model lain telah dilengkapi rounded hoodlines dengan kisi-kisi. Selain itu, model ini juga diketahui bukanlah yang paling cepat ataupun ringan dibanding yang lain.

Setelah perang selesai, hanya Pygmy lah yang paling eksis. Pada September 1982, jip kemudian dilelang ke pria bernama Randy Withrow. Ia kemudian menyerahkan jip tertua di dunia ini ke Veterans Memorial Museum in Huntsville, Alabama. Beruntung, jip itu dirawat dengan baik sehingga kondisinya masih terjaga hingga sekarang.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.