Sukses

5 Sosok di Balik Desain Ciamik Mobil-mobil Populer

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kunci keberhasilan sebuah mobil dalam menembus pasar adalah desainnya. Ibarat menilai lawan jenis, apa yang dilihat pertama kali oleh konsumen pastilah tampilan fisiknya, baru kemudian performa dan hal-hal lain.

Dari sekian banyak produsen mobil, tentu ada orang di balik meja yang bertanggung jawab atas desain produk yang dikeluarkan pabrikan tersebut. Meski mereka jarang muncul, tetapi kontribusinya sangat signifikan bagi perkembangan perusahaan.

Dalam artikel ini, Liputan6.com uraikan lima desainer mobil dari model-model yang dikenal luas di masyarakat dan tak jarang menjadi `jagoan` pabrikan. Melansir Automobilemag, berikut lima tokoh tersebut:

Giorgetto Giugiaro

Giorgetto Giugiaro lahir pada 7 Agustus 1938 di Italia. Ia adalah legenda hidup di balik desain lebih dari 200 kendaraan, dengan jumlah produksi sekira 60 juta unit. Beberapa desain mobil tenar yang pernah dibuatnya adalah 1963 Alfa Romeo Giulia Sprint GT dan 1975 Volkswagen Golf.

Selain mobil, pria ini juga pernah merancang body kamera Nikon, prototipe komputer Apple, serta furnitur kantor Okamura Corporation. Atas kegemilangannya, ia pernah dinobatkan sebagai Car Designer of the Century pada 1999, dan juga mendapat titel Automotive Hall of Fame pada 2002.

>> Klik laman selanjutnya

2 dari 3 halaman

Next

Lowie Vermeersch

Lowie Vermeersch lahir pada 9 Mei 1974 di kota Kortrijk, Belgia. Salah satu mobil tenar yang didesain oleh tangannya adalah Ferrari 458 Italia. Ia juga terlibat pada pembuatan mobil konsep unik seperti Nido, Sintesi, dan 2uettottanta.

Pria yang juga mendesain beberapa mobil dari pabrikan seperti Brilliance, Chery, dan Tata ini menjabat sebagai pendiri dan direktur kreatif perusahaan yang juga bergerak di bidang desain, Granstudio yang terletak di Turin, Italia.

Nobuki Ebisawa

Pria kelahiran Jepang ini berada di balik desain Honda Civic produksi 1984 serta Accord tahun
1998. Sejak 2009, ia dipercaya untuk bertanggung jawab terhadap desain empat juta mobil Honda yang diproduksi tiap tahunnya.

Menurut laman Automobilemag, ciri khas desain pria yang juga berada di balik desain FCX dan CR-Z ini adalah independen, fungsional, dan dinamis.

>> Klik laman selanjutnya

3 dari 3 halaman

Next

Ian Callum

Ian Callum lahir di Dumfries, Skotlandia, pada 30 Juli 1954. Ia memiliki gaya desain mobil yang tidak kaku, dalam arti mampu mendesain beragam gaya dengan sama hebatnya. Salah satu masterpiece-nya adalah Aston Martin DB7.

Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Desain Jaguar Cars. Sebelum di Aston Martin, Callum juga pernah berkontribusi di Ford dan TWR. Adiknya, Moray Callum, juga bekerja sebagai direktur desain untuk Ford Amerika.

Luc Donckerwolke

Luc Donckerwolke adalah desainer mobil asal Belgia yang lahir pada 19 Juni 1965. Mampu berbicara dalam tujuh bahasa, karya Donckerwolke yang paling terkenal adalah Lamborghini Murcielago dan Gallardo.

Pria ini pernah bekerja di Hyundai Genesis dan tercatat sebagai mantan direktur desain di Bentley, Lamborghini, dan Audi. Bulan ini, ia dipercaya memimpin Genesis dan akan mulai bekerja pada tahun depan.

(rio/gst)

Loading