Sukses

Motor Mogok, Begini Cara Menarik yang Benar

Bagaimana cara menarik motor dengan tali jika suatu saat mogok atau habis bensin?

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu pernah mengalami kondisi di mana motor tiba-tiba mogok misal kehabisan bensin. Dalam kondisi ini, salah satu yang dapat dilakukan adalah menarik motor dengan motor lainnya menggunakan tali.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu jika teknik ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah, motor Anda bisa menabrak motor yang menariknya karena posisi yang terlalu dekat dan pengereman yang terburu-buru.

Lantas, seperti apa teknik yang tepat? Pertama-tama, pastikan jika Anda memiliki tali dengan panjang antara 4 hingga 6 meter. Tali terbaik untuk menarik motor terbuat dari nilon dengan tebal satu inci.

Menurut laman Cycleworld, setidaknya ada dua cara untuk mengaitkan tali. Pertama, seperti yang terlihat pada gambar, tali dipasangkan di posisi yang rendah, tepatnya di footpeg dengan posisi yang berlawanan. Jadi, jika motor yang di depan memasangkan tali di sebelah kanan, maka motor di belakang mengaitkan tali di sebelah kiri.

Kaitkan tali dengan dua footpeg, lalu kemudian julurkan ujung tali ke tengah-tengah membentuk huruf `Y` (Foto: Cycleworld).
Metode lainnya, sebagaimana yang terlihat di ilustrasi di atas, dimulai dengan mengaitkan tali dengan dua footpeg, lalu kemudian julurkan ujung tali ke tengah-tengah membentuk huruf `Y`.

Masukkan ujung tali ke celah plat nomor kendaraan, lalu kemudian kaitkan pada stang dari jalur bawah sebagaimana terlihat pada ilustrasi. Ujung tali dapat dipegang dengan tangan kiri. Motor mogok pun dapat dibawa ke tempat yang aman dengan mudah. 

Cara kedua ini dapat dilakukan jika motor yang mogok adalah motor sport. Jika tidak, tali bisa saja hanya direkatkan pada besi plat nomor dan pegangan belakang. 

Nah, untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini terjadi, salah satu yang harus dipersiapkan oleh pengendara motor adalah tali dengan panjang dan bahan sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini