Sukses

Tidak Pakai Helm, Polwan Ditilang Menteri

Kedua polwan langsung dijatuhi tilang oleh si menteri.

Liputan6.com, New Delhi - India menjadi negara dengan kesadaran berlalu lintas yang buruk. Kecelakaan lalu lintas yang terjadi seringkali memakan banyak korban jiwa.

Perkara sepele seperti mengenakan helm atau menggunakan sabuk pengaman kerap diacuhkan pengendara. Hal ini perilaku tersebut tidak menjadi suatu kewajiban di beberapa daerah di India.

Untuk meningkatkan kesadaran dalam keselamatan berkendara, pihak kementerian melakukan razia bagi para pengguna jalan yang tidak mengenakan helm. Razia ini dipimpuin langsung oleh Menteri Transportasi India, Diwakar Raote.

Melansir Motorbeam, Jumat (24/7/2015), sang menteri mendapati dua orang wanita di Mumbai mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm. Rupanya, keduanya adalah seorang polisi yang sedang berdinas.

Raote pun langsung memanggil polisi lalu lintas di dekatnya dan meminta kepada petugas untuk menjatuhkan tilang bagi polwan tersebut. Menteri ini juga menekankan kepada para polisi lalu lintas untuk tertib mengikuti peraturan lalu lintas karena di India seringkali dijumpai pihak kepolisian yang melanggar aturan lalu lintas.

Tak hanya itu, Route juga meminta kepada jajaran kepolisian untuk mengimbau para pengguna jalan untuk mematuhi aturan yang ada serta mengenakan helm atau sabuk pengaman.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.