Sukses

Orang Tua Anggap Dirinya Ancaman Paling Serius di Jalanan

Kebanyakan orang tua berusia di atas 65 tahun menganggap dirinya sendiri sebagai ancaman paling serius di jalanan.

Liputan6.com, Washington - Sebuah riset yang dilakukan oleh situs cara merawat orangtua, Caring.com, menemukan bahwa kebanyakan orang yang berusia di atas 65 tahun menganggap dirinya sendiri sebagai ancaman paling serius di jalanan.

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa 14 juta orang Amerika Serikat (AS) yang berusia antara 18-64 tahun terlibat kecelakaan yang disebabkan karena pengemudi lanjut usia tersebut.

Menurut survey tersebut sebagaimana yang dikutip dari Yahoo, kebanyakan orang Amerika di bawah usia 65 jauh lebih peduli terhadap pengemudi mabuk atau remaja. Padahal, menurut para orang tua, mereka merasa lebih mengancam dibanding pengemudi mabuk.

Diketahui pula, orang tua kurang mendapat perhatian dari orang-orang yang usianya di bawah mereka. Mereka yang berusia di bawah 65 tidak mau menghentikan kebiasaan mengemudi orangtua mereka.

Bahkan, sebagian besar anak-anak muda ini menganggap dokter lah pihak terbaik untuk melarang orangtua mengemudi. Hanya 25 persen yang mengatakan bahwa masalah tersebut adalah tanggung jawan anggota keluarga.

Sementara itu, hampir sepertiga dari responden tua berkata akan berhenti mengemudi jika keluarga yang memutuskan. Hanya 26 persen yang mengatakan bahwa itu adalah keputusan mereka sendiri.

"Tidak semua orang bisa mengambil kunci mobil ayah atau ibunya. Tapi terkadang itu sangat penting untuk keselamatan mereka sendiri," kata CEO Caring.com, Andy Cohen.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.