Sukses

Pencarian Mobil Online Didominasi Generasi Muda

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman serba instan seperti sekarang ini, mencari informasi terbilang cukup mudah. Hanya dengan mengakses via search engine di internet langsung memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Kemudahan seperti ini rupanya mendorong generasi muda memanfaatkan jaringan internet saat mencari informasi mengenai mobil yang diinginkan. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Carmudi, dari 6 juta kunjungan ke situs Carmudi hingga Mei 2015, kalangan yang aktif mencari mobil berasal dari generasi muda.

Melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Carmudi Indonesia menghimpun data dari kantor-kantor Carmudi di wilayah Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya) dan menemukan fakta jika pencarian mobil online sebanyak 34% berasal dari golongan usia 18-34 tahun, diikuti oleh kalangan selanjutnya yang berusia 35-44 tahun (20%).

“Perubahan karakter demografi di negara-negara berkembang sangat penting bagi industri otomotif. Semakin banyak penduduk negara-negara berkembang yang akrab dengan teknologi dan merasa nyaman menggunakan internet dalam keseharian mereka," ujar Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia.

Generasi muda saat ini merasa jauh lebih mudah dan semakin nyaman ketika membandingkan harga serta spesifikasi mobil secara online. Hal ini biasanya mereka lakukan sebelum membeli mobil. Ketika berbelanja, kenyamanan merupakan hal penting bagi generasi muda dan mereka menganggap belanja online saat ini sudah memberikan kenyamanan tersebut.

Mereka, juga menurut van der Kolk, sangat antusias terhadap apapun yang berkaitan dengan perkembangan teknologi.

(ysp/sts)