Sukses

Bekas Tabrakan, Mobil Mr. Bean Justru Laku Rp 163,9 M

Liputan6.com, London - Rowan Atkinson, pemeran tokoh Mr Bean baru saja menjual salah satu tunggangan favoritnya, McLaren F1 seharga 8 juta pound sterling atau sekira Rp 163,9 miliar (Kurs: Rp 13.345/pound sterling).

Mengutip Telegraph, Selasa (9/6/2015), angka tersebut membuat mobil Mr Bean ini menjadi salah satu mobil bekas termahal yang pernah dijual di Inggris. Padahal, ia membeli mobil tersebut tidak lebih dari 540 ribu pound sterling atau sekira Rp 11 miliar.

Mobil ini juga pernah mencatatkan rekor sebagai klaim asuransi terbesar. Pada 2011, McLaren F1 mengalami kecelakaan dan asuransi mengeluarkan uang hingga 910 ribu pound sterling atau sekira Rp 17,3 miliar.

Berbeda degan banyak mobil lain, di mana jika pernah tabrakan harganya akan jatuh, harga mobil Atkinson ini justru semakin naik. Alih-alih buang sial, Atkinson akhirnya memutuskan untuk menjual F1-nya di dealer Taylor and Crawley.

David Clark, bos Taylor dan Crawley, mengatakan bahwa transaksi mobil ini adalah salah satu yang terbesar di Inggris. Meskipun Clark enggan menyebutkan berapa harga mobil tersebut, 8 juta pound sterling adalah angka yang rasional mengingat mobil ini adalah salah satu mobil yang paling banyak dikoleksi dalam 45 tahun terakhir.

Harga tersebut membuat McLaren F1 menjadi mobil termahal kedua yang pernah dijual di Inggris. F1 hanya kalah dengan Ferrari lansiran 1960.

McLaren F1 didukung oleh mesin V12 6,1 liter yang mampu keluarkan tenaga hingga 635 Tk, angka tertinggi bagi mobil non super atau turbocharged. Mobil ini memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,2 detik dan memiliki kecepatan maksimal 387 km/jam.

(rio/gst/sts)