Sukses

Salah Tulis Harga NMax, Yamaha Minta Maaf

Yamaha salah menuliskan harga motor NMax yang mengaspal di Indonesia awal tahun lalu ini.

Liputan6.com, London - Yamaha NMax baru saja diluncurkan di Inggris. Sayang, dalam acara peluncuran yang digelar di London tersebut, Yamaha salah menuliskan harga motor yang mengaspal di Indonesia awal tahun lalu ini

Dilaporkan Visordown, Selasa (9/6/2015), Yamaha mengumumkan bahwa harga NMax lebih murah 28 pound sterling dibanding Honda PCX, bukan 100 pound sterling sebagaimana dinyatakan satu minggu sebelumnya.

Artinya, harga NMax di negara tersebut adalah 2.671 pound sterling atau sekira Rp 54,6 juta (Kurs: Rp. 20.472/pound sterling), bukan 2.599 pound sterling atau sekira Rp 53,2 juta. Sementara harga PCX mencapai 2.699 atau sekira Rp 55,2 juta.

Menanggapi kesalahan harga tersebut, Yamaha mengatakan bahwa harga 2.599 tersebut termasuk biaya PPN dan on the road (OTR), sementara biaya yang asli bukan menggunakan patokan harga OTR.

"Bersamaan dengan peluncuran NMax, kami meminta maaf karena menyediakan beberapa informasi yang salah berkaitan dengan harga dan selisih biaya antara NMAX dan PCX," demikian tulis pernyataan lengkap Yamaha.

"Harga OTR tidak termasuk biaya tambahan seperti pajak jalan dan biaya pendaftaran pertama," lanjut keterangan tersebut. Di akhir keterangannya, Yamaha juga meminta maaf telah mempublikasikan perbedaan harga NMax dan PCX hingga 100 pound sterling.

Untuk diketahui, Yamaha NMax yang dijual di Inggris tersebut diproduksi di pabrik Yamaha yang berada di Indonesia, tepatnya di Pulo Gadung. Bedanya, khusus pasar Eropa Yamaha mengemas NMax dengan mesin 125 cc, sementara di Tanah Air 150 cc. Total terdapat 500 unit Nmax yang dijual di pasar Eropa.

(rio/sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.