Sukses

Meski Mungil, Daihatsu Copen Punya Rangka Kuat

Liputan6.com, Denpasar - Tidak hanya memiliki tampilan yang menggoda, Daihatsu Copen juga dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan yang mumpuni. Mobil yang mengusung konsep 'Fun to Drive' ini mengadopsi struktur bodi D-Frame yang menghubungkan seluruh bagian kerangka kendaraan secara kokoh dengan rigiditas tinggi.

"Keistimewaannya (D-Frame), pada bagian quarter panel dibuat dua lapis. Sehingga bodi resin yang ditempel saja sudah cukup aman. Di bagian bawah (kolong) ada besi menyilang sebagai pengganti penguat daripada atap," terang Head Technical Service Division ADM Ahmad Syaufi di Denpasar, Bali, Jumat (29/5/2015).

Daihatsu mengklaim struktur D-frame pada Copen memiliki keunggulan mampu menjaga performa laju kendaraan dengan stabilitas tinggi, sekalipun rooftop dalam keadaan terbuka.

Copen juga dilengkapi fitur keamanan modern berupa immobilizer. Bodi Copen dibuat ringan dan stylish sehingga bisa dibongkar-pasang serta dikostumisasi sesuai keinginan. Tapi sayangnya, Daihatsu tidak menyediakan komponen bodi warna-warni karena mengikuti aturan di Indonesia.

"Untuk warna tidak diperbolehkan gonta-ganti karena STNK di Indonesia menyebutkan warna. Tidak seperti di Jepang yang bisa seperti chasing handphone jadi bisa gonta-ganti," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM di tempat yang sama.

Sebagai informasi, Copen memiliki mesin berkapasitas 660 cc dilengkapi turbo intercooler dengan tenaga hingga 64 Tk. Mesin Copen memiliki fitur Electrical Throttle System sehingga akselerasi mobil lebih halus dan hemat bahan bakar.

(ian/gst)