Sukses

Jutaan Busi Buatan Bekasi Diekspor ke Amerika dan Eropa

Busi Denso yang dibuat di Bekasi dikirim ke hampir seluruh dunia, termasuk Amerika dan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - PT Denso Indonesia (DNIA) mengandalkan pabrik ketiga di Kawasan Industri Bekasi Matra, Cikarang Barat, Bekasi untuk menjawab kebutuhan luar negeri. Rencananya, pabrik tersebut bakal mengekspor tujuh juta busi kendaraan tiap bulan.

"Kami memproduksi sekira 10 jenis suku cadang di pabrik ketiga ini. Salah satunya busi yang kapasitasnya tujuh juta unit per bulan dan seluruhnya untuk pasar ekspor," ujar Direktur Operasional PT Denso Indonesia A. Hartoyo di Bekasi seperti dikutip dari Antaranews, Sabtu (11/4/2015).

Lebih lanjut, kapasitas tiga juta busi di pabrik ketiga, tutur Hartoyo, menggenapkan kemampuan produksi busi DNIA di Indonesia menjadi 11 juta unit per bulan.

Indonesia sendiri menjadi basis produksi busi DNIA untuk kendaraan roda dua dan empat dengan mengesport 100 dari keseluruhan produksi pabrik ketiga yang berlokasi di Bekasi. Hartoyo mengungkapkan, busi DNIA yang dibuat di Bekasi dikirim ke hampir seluruh dunia, termasuk Amerika dan Eropa.

Sementara itu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) busi itu sudah berada di kisaran 70 persen.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini