Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Pilih Mana, HD 500 Atau Kawasaki Vulcan S?

Liputan6.com, Jakarta Segmen sepeda motor bergenre cruiser di Indonesia kian bergairah dengan rencana kelahiran Kawasaki Vulcan S. Meski tidak sebanding, model baru Kawasaki ini diprediksi bisa mengusik keberadaan Harley Davidson 500.

Memang, kedua motor ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Namun, dari segi kenyamanan berkendara tentu keduanya begitu memanjakan karena posisi berkendaranya yang santai.

Posisi jok yang rendah sehingga kaki dapat menjangkau permukaan jalan dengan mudah, setang yang cukup tinggi dan pijakan kaki yang menjorok ke depan membuat posisi berkendara kian nyaman.

Kawasaki Vulcan S

>>>Klik laman berikutnya

2 dari 3 halaman

Desain

-- Desain

HD 500 dan Kawasaki Vulcan S sama-sama mengadopsi model lampu utama yang cenderung bulat. Bedanya, lampu utama HD 500 dibungkus memiliki mini windshield.

Model jok keduanya juga berbeda. Jika HD 500 joknya jadi satu, Vulcan S mengaplikasi model split atau terpisah.

Pilih Mana, HD 500 Atau Kawasaki Vulcan S?

Suspensi belakang juga menganut model yang berbeda. HD 500 menggunakan suspensi ganda model spring, sementara Vulcan S menggunakan suspensi monoshock asimetris seperti layaknya ER-6n.

Untuk diketahui, Kawasaki Vulcan S diperkuat mesin 4-Tak parallel twin DOHC 8 katup berkubikasi 650 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 58 horse power (hp) pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak 64 Nm pada 6.500 rpm.

Sedangkan HD 500 mengandalkan mesin 494cc SOHC V-Twin berpendingin cairan yang sanggup menghasilkan tenaga 35 hp dengan torsi puncak 40 Nm pada 3.500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

>>>Klik laman berikutnya

3 dari 3 halaman

Harga

-- Harga

Sebagai informasi, HD 500 resmi diperkenalkan ke publik Tanah Air sejak akhir tahun lalu. Cruiser yang didatangkan langsung dari India ini dibanderol Rp 219 juta Off the Road Jakarta. Sementara Kawasaki Vulcan S baru akan diluncurkan besok dengan banderol Rp 155 juta On the Road Jakarta.

Dari segi prestise, tentu HD jauh lebih unggul dibanding Kawasaki karena pabrikan asal Amerika Serikat (AS) ini banyak melahirkan model cruiser yang kesohor. Meski begitu dari segi harga dan power berdasarkan spesifikasi resmi, Kawasaki Vulcan S lebih unggul dari HD 500.


Author: Septian Pamungkas

(Ian/Gst)

Loading