Sukses

Kisah Range Rover Pertama, Terlupakan Hingga Nyaris Dilalap Api

Range Rover ini sempat bergonta ganti pemilik sampai berganti cat.

Liputan6.com, London - Saat ini, Range Rover dikenal sebagai salah satu ikon kendaraan tangguh dunia. Dalam perjalanannya, beragam sejarah telah ditorehkan oleh kendaraan-kendaraan lansiran pabrikan Inggris tersebut.

Lantas, bagaimanakah kisah kendaraan produksi paling pertama dari Range Rover sendiri? Siap dilego melalui rumah lelang Silverstone pada bulan depan, SUV dengan kode sasis #001 ini ternyata punya sejarah unik. Tak disangka, kendaraan sepuh tersebut pernah hilang, terlupakan, hingga selamat dari lahapan api.

Melansir laman Motoringresearch, Sabtu (9/8/2014) mobil pertama ini memang tak pernah dijual secara komersil. Awalnya, pihak Land Rover memberikannya kepada Michael Furlong. Furlong sendiri adalah produser iklan yang dipercaya untuk mempromosikan SUV ikonik Inggris tersebut.

Setelah berpindah dari tangan Furlong, Range Rover ini kemudian bergonta-ganti pemilik hingga beberapa kali. Terakhir, plakat produksinya pun sampai dihilangkan untuk menyamarkan identitas asli dari mobil yang sejatinya merupakan purwarupa ini.

Setelah beberapa dekade 'menghilang', pihak Land Rover berhasil menelusuri kembali keberadaan Range Rover tersebut. Pada awal 1990-an, kondisinya berada dalam keadaan cukup memprihatinkan, akibat kurang perawatan dan hilangnya identitas asli akibat telah dicat ulang dengan warna berbeda.

Alhasil, setelah membelinya kembali, pihak pabrikan pun merestorasi ulang Range Rover bersejarah tersebut ke kondisi semula. Rekondisi dilakukan termasuk dengan menyematkan kembali plakat produksi yang menegaskan identitas kendaraan dan warna dasar orisinil, olive green.

Kini, setelah disimpan hingga 23 tahun, pihak Land Rover berniat untuk melelang salah satu koleksi bersejarahnya tersebut. Sebagai catatan, Range Rover ini merupakan salah satu kendaraan yang selamat dari peristiwa kebakaran di gudang penyimpanan Range Rover. Insiden itu sendiri telah menghanguskan beberapa koleksi langka milik pabrikan Inggris tersebut.

Untuk versi pertama dari Range Rover ini, pihak Land Rover siap melepasnya kepada konsumen yang bersedia memberikan mahar sebesar 100 ribu poundsterling atau setara dengan Rp. 1,98 miliar (kurs Rp 19.778 per poundsterling).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini