Sukses

Mana yang Jadi Pilihan Orang Indonesia: Mobil MPV atau City Car?

Liputan6.com, Jakarta - Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang biasa disebut Family Car dan mobil jenis hatchback yang sering disebut City Car adalah mobil-mobil yang paling banyak berseliweran di jalanan Indonesia. Sebenarnya mana yang jadi pilihan orang Indonesia, family car atau city car?  

Dari berbagai pilihan tersebut, konsumen umumnya mempertimbangkan untuk membeli mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) atau City Car. Ditinjau dari berbagai aspek, mobil mana yang seharusnya dibeli guna menunjang aktivitas Anda? Berikut Liputan6.com coba uraikan kelebihan dari masing-masing mobil tersebut, Rabu (2/7/2014):

Dimensi

Berbicara soal ukuran, city car memang memiliki dimesin yang lebih kecil. Tak heran, mobil ini mampu bermanuver lincah dan lebih mudah dikendarai terutama ketika mencari parkir. Jalanan kota besar seperti Jakarta yang padat membuat city car lebih nyaman dikendarai ketimbang membawa mobil berdimensi besar.



Walaupun bisa dibawa lincah saat di jalan, city car seperti Mazda2, Toyota Yaris dan Honda Jazz pastinya memiliki kelemahan. Terutama saat menjawab kondisi cuaca yang tak menentu. Ground clearance yang relatif pendek membuat mobil ini tidak direkomendasikan untuk digunakan saat hujan lebat terlebih menerobos genangan air.

Belum lagi, kondisi infrastruktur jalan yang kurang baik, pengguna city car harus ekstra hati-hati agar tak bodi tak terbentur.

Sedangkan, Mobil MPV memang memiliki dimesin yang lebih panjang daripada city car. Model ini memiliki pilihan yang lebih banyak seperti Avanza, Xenia, Kijang Innova dan Honda Mobilio.



Dimensinya yang lebih lebar dan panjang memang memberikan kelebihan, terutama ketika ingin berkendara dengan keluarga dan membawa barang bawaan lebih banyak.

Kemudian, kondisi jalan dan cuaca yang tak menentu, membuat banyak orang memilih mobil jenis MPV. Bukan tanpa sebab, ground clearance yang cukup tinggi, mobil jenis ini bisa melaju dan menerobos genangan air. Tak hanya itu, mobil juga tidak terlalu kesulitan ketika berkendara di jalanan berlubang.

2 dari 2 halaman

Efisiensi bahan bakar

Efisiensi bahan bakar



City car umumnya menggendong mesin berkisar antara 1.000 cc hingga 1.500 cc, yang secara otomatis memberikan efisiensi dalam penggunaan bensin.

Sementara mobil MPV yang ditopang mesin 1.500 cc hingga 2.500 cc membuat konsumsi bahan bakarnya tak seirit dengan MPV yang memiliki bobot yang lebih berat dan dimensi besar.

Fungsi

Baik city car maupun MPV memiliki kelebihan masing-masing. Namun, untuk urusan fungsionalitas, mobil MPV bisa dibilang memiliki nilai lebih. Sebab, mobil bisa menampung banyak orang dengan fitur tujuh kursi, sementara city car hanya menampung maksimal lima orang.



Namun, bagi mereka yang memiliki keluarga kecil, memiliki city car memang cukup ideal sedangkan bagi yang suka bepergian dengan banyak orang MPV jawabannya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, semua dikembalikan pada kebutuhan dan selera. Yang terpenting mobil harus nyaman dikendarai serta dibekali dengan fitur-fitur keamanan, keselamatan dan yang tak kalah penting disesuaikan dengan kondisi kocek.

Pastikan juga mobil yang dipilih ditunjang dengan ketersediaan suku cadang yang baik dan layanan purna jual yang baik.

Loading