Sukses

Club Vespa di Sulteng Terbesar ke-3 di Indonesia

Saat ini jumlah club Vespa yang resmi terbentuk di seluruh wilayah yang ada di Sulteng, sebanyak 24 club.

Liputan6.com, Palu - Pembentukan club-club sepeda motor jenis Vespa di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Tak ayal, saat ini jumlah club Vespa yang resmi terbentuk di seluruh wilayah yang ada di Sulteng, sebanyak 24 club.

Berdasarkan jumlah ini, club Vespa yang tergabung dalam satu wadah yakni, Komunitas Club Vespa (KCV) Sulteng, tercatat sebagai club Vespa terbesar ke-tiga di Indonesia, setelah club Vespa se-Pulau Jawa dan club Vespa se-Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Sedangkan untuk Pulau Sulawesi, Sulteng menduduki peringkat ke-dua terbesar setelah Sulsel," terang Wakil Ketua KCV Sulteng, Tasmin Sigi kepada Liputan6.com di Palu beberapa waktu lalu.

Dari 24 club Vespa tersebut, masing-masing memiliki anggota berjumlah 20 hingga 30 orang. "Dari 24 itu, ada club Vespa ekstrim, clasik, dan original," jelas Tasmin.

Sedangkan anggota yang tergabung dalam 24 club itu, hampir diikuti semua kalangan. "Untuk club ekstrim banyak orang-orang yang sudah berumur, di club clasik banyak anak-anak muda, dan club original anggotanya tercampur dari semua kalangan. Dan tidak hanya anggota laki-laki, melainkan juga banyak anggota dari 24 club itu wanita," tandasnya.

Club Vespa di Sulteng, terbentuk sejak tahun 80-an dan terus berkembang hingga saat ini. Selain banyak club-club dengan anggota yang banyak. Di Sulteng, juga sudah banyak terbangun bengkel khusus melayani Vespa dan toko khusus penjualan onderdil Vespa.

"Miliki Vespa di Palu tidak perlu takut, karena kalau rusak tinggal bawa ke bengkel khusus Vespa saja dan kalau ada onderdilnya yang rusak tinggal dibeli saja, karena toko penyedia onderdil Vespa juga banyak di Palu," aku salah satu anggota club Vespa Palu, Marten ditemui Liputan6.com terpisah.

Club Vespa di Sulteng, terkhusus di Palu tidak hanya menggelar kegiatan rolling, kontes, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan Vespa.

Melainkan juga gencar menggelar kegiatan-kegiatan sosial, seperti anjangsana ke panti-panti asuhan, dan beberapa kegiatan sosial lainnya.

"Jadi di club segala kegiatan telah diagendakan, tiap minggu tidak mesti hanya rolling saja. Juga kita lakukan kegiatan sosial, sambil silaturahmi antarclub se-Sulteng. Dan kegiatannya di rolling tiap-tiap daerah yang ada di Sulteng," sambung anggota club Vespa lainnya, Riyan.

Dengan konsisten terhadap kegiatan-kegiatan sosial, tidak salah jika club Vespa di Sulteng, sangat disambut baik seluruh instansi pemerintahan di Sulteng. "Pemerintah sangat mendukung adanya club Vespa di Sulteng, khususnya Palu. Mereka juga selalu membantu dan mendukung jika kami menggelar kegiatan," katanya.

"Kemarin saja kami gelar Celebes Scooter Party yang diikuti peserta se-Indonesia sebagian besar danannya dibantu oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi. Itu kami anggap wujud perhatian serius pemereintah terhadap komunitas ini," imbuh anggota Vespa lainnya, Miun, ditemui di tempat yang sama. (M Taupan SP/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini