Sukses

Tips Bikin Jeep Kuat Disiksa Jalan Jauh

Anggota komunitas pecinta mobil 4x4, SOCA Solidarity, Pram mengungkapkan sejumlah aspek yang harus diperhatikan sebelum touring.

Liputan6.com, Pandeglang - Menyusuri daerah baru dengan mengendarai sebuah Jeep memang memiliki kenikmatan tersendiri.  Meski mobil 4x4 bisa dibilang tangguh dalam melumat berbagai medan, tak ada salahnya kalau melakukan beberapa persiapan agar kendaraan tampil prima dan bisa 'disiksa' saat perjalanan jauh.

Menurut Pram, anggota komunitas pecinta mobil 4x4,SOCA Solidarity, ‎ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh.

Kepada Liputan6.com, Jumat (16/5/2014), sebelum touring, pria berusia 56 tahun itu menguraikan beberapa aspek yakni, mesin, volume oli, minyak rem harus dalam kondisi baik.

"Semua harus dipersiapkan karena jarak yang ditempuh cukup jauh‎," jelasnya dengan logat Sunda.

Untuk air radiator misalnya, ia menyarankan untuk mengisinya dengan coolant khusus agar kinerja pendingin pada mesin bisa lebih optimal. Di samping urusan ruang pacu, sistem pengereman dan kondisi angin pada ban juga perlu diperhatikan.

"Untuk yang mobil dengan transmisi otomatis, minyak rem juga disarankan menggunakan dot 4," imbuh dia.

Tak hanya mengecek, Pak Pram dengan timnya juga mempersiapkan komponen-komponen pendukung yang bisa digunakan pada kondisi darurat. Mulai dari tali hingga aki cadangan biasanya menjadi barang yang wajib dipenuhi dan dibawa saat touring.

"Semua harus dipersiapkan. Ada aki jumper juga kami bawa. Bahkan lampu penerangan tak lupa kalau ingin digunakan saat menyisir hutan," papar dia.

Kendati mesin dan segala kelengkapannya dinilai penting, Pak Pram menjelaskan, kondisi fisik dari pengemudi juga perlu diperhatikan dan tak kalah penting. Idealnya, pada saat touring ditemani supir pengganti.

"Istirahat yang cukup dan jangan dipaksakan. Karena keselamatan nomor satu," tandas pria yang bekerja di perusahaan air mineral asal Prancis itu. (Gst/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.