Sukses

200 Ribu Unit Motor Kawasaki Bakal Sesaki Jalanan RI

Manajemen PT Kawasaki Motor Indonesia mengincar penjualan sekitar 200 ribu unit sepeda motor pada 2014.

Liputan6.com, Cikarang Pabrik baru Kawasaki  yang diresmikan pada Selasa, (8/4/2014) menjadi pabrik sepeda motor Kawasaki terbesar ketiga setelah Jepang dan Thailand.

Pabrik yang berada di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi ini menyerap tenaga kerja 1.600 orang untuk mengakomodir permintaan pasar dari pengguna motor kelas premium di Indonesia yang naik seiring meningkatnya pendapatan kelas menengah di Indonesia.

Ada berbagai fasilitas di pabrik terbaru ini mulai dari fasilitas pengelasan, pengecatan bagian besi dan plastik dan perakitan rangka, perakitan mesin dan fasilias pengujian.

Manajemen PT Kawasaki Motor Indonesia mengharapkan, peresmian pabrik baru Kawasaki ini dapat mendorong kualitas produksi sepeda motor lebih baik.

"Dari pabrik baru ini, selain memajukan pasar ekspor regional. Kami tertantang untuk melompat ke standar kualitas yang lebih baik sehingga kita bisa mengekspor produk 'made in Indonesia' ke luar negeri," kata Presiden Direktur PT Kawasaki Motor Indonesia, Yoshihiro Tanigawa.

Pembangunan pabrik ke-2 milik PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menelan investasi mencapai US$ 102,7 juta dengan kapasitas produksi sebesar 150 ribu unit per tahun.

Dengan dibangunnya pabrik baru ini PT KMI menargetkan penjualan mencapai 200 ribu unit pada 2014. Jumlah target penjualan ini naik 50 ribu unit dari tahun sebelumnya.

PT KMI juga akan mengekspor KLX 150 dan Ninja RR mono ke Filipina dan Malaysia. Yusuke Shimada, Deputy Division Head PT KMI mengatakan, bila saat ini Kawasaki telah menggunakan komponen lokal mencapai 60%, sedangkan 40% sisanya di impor dari Thailand dan Jepang.

"Dengan dibangunnya pabrik baru ini, jumlah produksi motor Kawasaki di Indonesia menjadi nomor dua setelah Thailand," kata Shimada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.