Sukses

Range Rover 6 Roda Antik Dilelang, Tertarik?

Range rover dengan enam roda membutuhkan biaya Rp 121 juta untuk perbaikan mobil. Jumlah ini lebih murah dari pada bangun Mercedes 6x6.

Liputan6.com, Lisabon - Off Road dengan enam roda bukanlah konsep baru. Sebelum Mercedes meluncurkan varian G63 AMG, Range Rover telah melakukannya lebih dahulu pada 1973.

Melansir laman Motorauthority, Senin (7/4/2014) konsep Range Rover enam roda ini digarap oleh coachbuilder dari Inggris, Carmichael. Range Rover ini juga mengalami engine swap untuk mengakomodir banyak roda yang dimiliki.

Awalnya Range Rover 6x6 ini mengusung mesin 3,8 liter v8, namun diubah menggunakan mesin diesel 4,0 liter. Perubahan mesin ini juga dipengaruhi karena terjadinya krisis minyak dunia pada 1973.

Tidak seperti Mercedes 6x6, Range Rover ini menggunakan roda belakang tambahan hanya sebagai variasi dan tetap berpenggerak utama pada empat roda. Bodi yang memanjang sanggup mengangkut penumpang hingga 8 orang.

Mobil ini juga dilengkapi rak dan minibar untuk membuat koktail. Minibar yang ada pada Range Rover menjadi suatu kelebihan tak dimiliki oleh SUV 6x6 bahkan Mercedes 6x6 Zetros yang ada saat ini.

SUV enam roda ini sekarang hanya teronggok di sebuah garasi di Portugal. Sebelum berada di garasi selama 10 tahun, Range Rover ini sempat beberapa kali digunakan untuk perjalanan berburu kelinci dan burung di sebelah utara Wales.

Keadaan Range Rover enam roda ini kondisinya sekarang cukup memprihatinkan sehingga butuh banyak perbaikan. SUV unik asal Inggris ini butuh restorasi meliputi kopling, rem, dan accu yang baru, bahkan mengganti oli yang baru untuk menyegarkan bagian mesin.

Ongkos restorasi sebesar US$ 10.775 atau sekitar Rp 121 juta (dengan memakai kurs Rp 11.316 per dolar Amerika Serikat) tersebut cukup murah jika dibandingkan dengan membangun Mercedes 6x6 yang mencapai 46 kali lipatnya.

Ulah cerdik dan kreatif para modifikator dengan sedikit menambah lebar mobil dan sepasang roda di belakang pada SUV Mercedes menjadi versi 6x6 sebelumnya telah memikat para pengusaha minyak dari Timur Tengah tergoda memiliki SUV langka tersebut. Namun, dengan memiliki Range Rover enam roda ini akan terlihat lebih keren dibandingkan dengan tunggangan para raja minyak dari tanah Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.