Sukses

Tips Menjaga Ban agar Tetap Prima

Fungsi ban sangat penting untuk menentukan keselamatan dalam berkendaraan. Ingin menjaga ban tetap prima, yuk simak tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ban adalah merupakan salah satu suku cadang dari kendaraan bermotor yang mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menentukan keselamatan dalam berkendaraan.

Seringkali kita sering mengabaikan ban pada kendaraan yang  dipakai sehari-hari, padahal ban fungsinya yang sangat penting.

Oleh karena itu, maka perlu cara pemakaian ban yang lebih baik agar tidak hanya diperoleh manfaat keselamatan saja, tetapi juga manfaat ekonomis dan kenyamanan.

Berikut ini beberapa tips menjaga kondisi ban agar tetap prima seperti dilansir dari michelinman, Jumat (4/4/2014):

1. Pemeliharaan Tekanan Angin

Tekanan Angin adalah merupakan faktor yang sangat penting yang perlu diperhatikan, karena tekanan angin mempunyai peranan tingkat pertama dari segi keselamatan.

Tekanan angin harus dikontrol dan disesuaikan dengan muatan. Tidak boleh kurang dari standar dan tidak boleh lebih tinggi dari standar. Karena dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan dan memperpendek umur ban.

Bila tekanan angin kurang akan mengakibatkan keausan telapak ban terjadi lebih cepat pada bagian ujung telapak ban, sehingga umur ban menjadi lebih pendek dari yang seharusnya.

Selain itu, bila tekanan angin lebih akan menyebabkan gesekan telapak ban dengan permukaan jalan hanya terjadi pada bagian tengah telapak ban.

Tekanan angin yang sesuai dengan beban akan menyebabkan telapak ban yang bergesek dengan permukaan jalan menjadi lebih merata pada semua bagian, sehingga memaksimalkan umur pemakaian ban.


Periksa tekanan ketika dalam keadaan dingin sebelum digunakan berkendara. Bila tekanan angin kurang, pompa ban hingga batas tekanan yang dianjurkan. Anda juga dapat menggunakan pompa nitrogen karena sifat Nitrogen yang tidak cepat habis sehingga tekanan ban cenderung awet.


2. Beban

Kondisi beban/muatan berpengaruh terhadap umur ban. Apabila muatan melebihi dari yang direkomendasikan, maka akan dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan pada ban.

Oleh karena itu, dianjurkan agar muatan tidak melebihi daya dukung dari pada ban, selain dapat mengakibatkan kerusakan kendaraan juga kurang aman dalam berkendaraan.

3. Kecepatan

Kecepatan, beban dan tekanan angin saling berkaitan dalam menentukan umur ban dan keamanan berkendaraan. Dianjurkan agar ketiga faktor tersebut dilaksanakan secara wajar dan tidak berlebihan.

Biasanya di dinding ban terdapat tulisan atau terkadang kode tentang batas kecepatan maksimal yang mampu ditahan oleh ban.

Bila memacu kendaraan dengan kecepatan melebihi batas yang dianjurkan pada ban dapat menyebabkan ban meletus karena tidak kuat menahan panas dari gesekan dari kecepatan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.