Sukses

Pemerintah Italia Jual Mobil Dinasnya di eBay

Liputan6.com, Roma - Kabinet Pemerintah Italia yang baru memutuskan menjual sekitar 151 unit mobil eksekutif yang digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintah di situs jual-beli eBay.

Mobil-mobil yang diiklankan di eBay adalah hanya sebagian kecil dari sekitar 1.500 kendaraan pemerintah yang akan dijual.

Melansir laman Carscoops, Kamis (3/4/2014), inisiatif ini dicetuskan oleh Perdana Menteri Italia yang baru, Matteo Renzi, yang mengatakan kendaraan dinas telah mulai dilihat sebagai simbol pengeluaran pemerintah yang sangat boros. Parahnya, jumlah resmi dari mobil-mobil dinas tersebut tidak diketahui secara pasti.

Penawaran pertama dibuka sampai 16 April mendatang dan 25 unit pertama kendaraan dari Kementerian Dalam Negeri sudah dipajang pada situs tersebut. Dari 151 mobil yang akan dijual pada tahap pertama, daftar ini didominasi oleh BMW  Seri 5 (48 unit), Lancia Thesis (31 unit), Alfa Romeo 166 (18 unit) dan Alfa Romeo 159 (14 unit).

Selain kendaraan yang bersifat harian, ada juga mobil-mobil mewah yang akan turut dilelang seperti Maserati Quattroporte ( 8 unit, semua dimiliki oleh Departemen Pertahanan), VW Phaeton (3 unit milik Departemen Kehakiman) dan Jaguar XF (1 unit milik Departemen Kehakiman ). Departemen Kehakiman juga menjual Jaguar S Type R, jika Anda tertarik.

Beberapa sumber yang tidak mau diungkapkan identitasnya berpendapat  1.500 mobil yang akan dijual adalah bagai setetes air di lautan, karena Italia memiliki 59.000 kendaraan dinas pemerintah yang tersebar di penjuru Italia.Untuk pemerintah pusat di Roma sendiri saja setidaknya menggunakan 1.663 unit.

Artikel Selanjutnya
Mobil Kecil Rp 25 Juta? Wuling Saja Jual Rp 94 Juta di Cina
Artikel Selanjutnya
Viral Mobil Kecil Mirip Smart Fortwo, Harga Rp 25 Juta