Sukses

Siasat Menangani Dengkuran Saat Tidur

Meskipun anda menyukai seseorang dalam hidup Anda, namun belum tentu anda akan menyukai kebiasaan tidurnya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun Anda menyukai seseorang dalam hidup, namun belum tentu akan menyukai kebiasaan tidur orang tersebut. terutama jika Anda memiliki pasangan tidur yang mendengkur keras sehingga Anda terjaga di malam hari.

Dengkuran keras yang terdengar seperti klakson bukanlah pertanda tidur yang nyenyak. Faktanya, bagi banyak orang, mendengkur dapat menjadi tanda peringatan bahwa ada masalah kesehatan yang lebih besar yang menanti untuk ditangani.

Kami meminta para ahli tidur untuk membantu menguraikan apa yang menyebabkan mendengkur, bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan Anda dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab mendengkur

Untuk memahaminya, pertama-tama kita harus paham mengenai pernapasan. Emerson Wickwire, Anggota Dewan American Academy of Sleep Medicine dan kepala bagian kedokteran tidur di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, memandu melalui siklus pernapasan tubuh yang terdiri dari 4 langkah.

"Pertama, otak mengirimkan sinyal ke diafragma. Kedua, diafragma berkontraksi. Ketiga, udara masuk ke paru-paru. Dan keempat, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otak dan organ vital lainnya," jelas Wickwire Melansir CNN ditulis Jumat (18/3/2024)

Sepanjang hari, tubuh mengulangi siklus ini saat bekerja, mengobrol, berolahraga, dan menyelesaikan tugas-tugas. Saat tidur, otot dan jaringan di saluran napas bagian atas (yaitu hidung, sinus, mulut dan tenggorokan bagian atas) mengendur dan membuat saluran napas menjadi lebih kecil.

Ini berarti bahwa saat tidur, jumlah udara yang sama dengan yang digunakan tubuh di siang hari sekarang memiliki ruang yang jauh lebih kecil untuk bergerak. Saat udara bergerak melewatinya, hal ini menyebabkan jaringan yang rileks bergetar.

"Ini hampir seperti jika meletakkan tangan Anda di depan kipas angin yang sangat kuat, Anda mendengar dan merasakan suaranya," kata Wickwire.

"Jaringan di saluran napas bagian atas Anda bergetar, dan getaran itulah yang kita sebut mendengkur,"jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak kesehatan dari mendengkur

Seperti banyak permasalahan kesehatan lainnya, mendengkur memiliki beragam jenis. Mulai dari dengkuran ringan yang sangat lembut dan ringan sehingga pasangan tidur bahkan mungkin tidak menyadari adanya suara, hingga dengkuran yang parah dan mengganggu tidur, yang sering dikaitkan dengan gangguan tidur seperti apnea tidur obstruktif (OSA).

Kevin Postol, seorang dokter gigi tidur bersertifikat dan presiden terpilih dari American Academy of Dental Sleep Medicine, mengatakan bahwa jika Anda mendapatkan tujuh hingga sembilan jam tidur per malam, tanpa bolak-balik atau memperhatikan masalah kesehatan lainnya, maka dengkuran ringan kemungkinan tidak perlu dikhawatirkan.

Ingatlah bahwa dengkuran yang terdengar lebih keras juga tidak secara otomatis berarti kesehatan dalam kondisi yang lebih buruk, meskipun itu mungkin berarti pasangan tidur Anda akan lebih langsung memberi tahu Anda untuk mencari solusinya.

Menurut Postol, Anda harus khawatir jika dengkuran terdengar seperti terengah-engah; Anda merasakan nyeri dada; mengalami peningkatan kecemasan dan depresi; atau mengalami tekanan darah tinggi yang tidak terselesaikan, masalah ingatan, atau rasa kantuk yang berlebihan di siang hari.

Mengalami salah satu dari gejala-gejala ini adalah alasan yang cukup baik untuk berbicara dengan dokter Anda tentang melakukan studi tidur.

"Ada banyak orang yang tidak mau pergi dan dievaluasi karena mereka pikir semua studi tidur dilakukan di laboratorium," kata Postol.

"Sebagian besar studi tidur saat ini dilakukan di rumah, dalam privasi kamar tidur Anda [dan] sangat sederhana, mudah dilakukan."

Hasil penelitian tidur dapat membantu menentukan apakah dengkuran Anda dapat dihubungkan dengan kondisi lain seperti apnea tidur ringan atau gangguan tidur yang lebih parah seperti OSA, di mana jalan napas lebih sempit, menyebabkan mendengus, tersedak, atau terengah-engah di malam hari.

Postol mengatakan bahwa banyak pasien tidak menyadari bagaimana faktor lain dari kesehatan mereka terkait dengan sleep apnea mereka. National Heart, Lung, and Blood Institute melaporkan bahwa "sleep apnea dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke." Penelitian lain juga menyoroti hubungan antara OSA dan perkembangan kondisi seperti penyakit Alzheimer dan depresi.

"Ada terlalu banyak pasien yang akhirnya tidak menemui ahli kesehatan sampai terlambat," kata Postol, "yang akhirnya menjadi faktor besar dalam umur panjang mereka, dalam hidup mereka, karena seperti halnya makan dan minum yang penting, tidur juga sama pentingnya."

3 dari 3 halaman

Penanganan terhadap dengkuran

Belum ada solusi yang cocok untuk semua masalah mendengkur.

Beberapa dengkuran dapat diperbaiki dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan, berolahraga secara teratur, berhenti merokok atau menghindari alkohol sebelum tidur.

Anda juga dapat mencoba tidur dengan posisi miring atau dengan kepala lebih tinggi untuk membantu menjaga saluran napas tetap terbuka. Namun jika pengobatan di rumah masih tidak membantu, maka inilah saatnya untuk mencari bantuan profesional.

37 juta orang Amerika mengatakan bahwa mereka mendengkur secara teratur, menurut Yale Medicine, dan secara umum, banyak orang yang menganggap membicarakan dan mengakui bahwa mereka mendengkur adalah hal yang memalukan.

Wanita sering kali tidak melaporkan kebiasaan mendengkur mereka, sehingga kemungkinan besar gangguan tidur mereka terabaikan, meskipun kejadian sleep apnea dapat terjadi selama kehamilan atau menopause.

Postol mengatakan bahwa beberapa pasien ragu-ragu untuk menyampaikan masalah mendengkur kepada dokter mereka, karena khawatir mereka akan disuruh memakai mesin continuous positive airway passage (CPAP), yang menurut banyak orang berisik dan tidak nyaman untuk tidur.

Untungnya, dokter gigi tidur yang berkualifikasi seperti Postol sering kali dapat membantu pasien meringankan dengkuran dan sleep apnea dengan memasangkan alat oral, sebuah alat yang bentuknya mirip dengan pelindung mulut yang membantu menjaga rahang tetap maju dan saluran udara tetap terbuka saat Anda tidur.

Meskipun produk oral serupa tersedia di toko obat, Postol memperingatkan bahwa lebih baik untuk mendapatkan alat yang dipasang secara profesional yang tidak akan berisiko menggemeretakkan atau menggeser gigi Anda.

Intinya adalah jika Anda berpikir tentang dengkuran Anda - bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan dan kesehatan Anda secara keseluruhan - itu sudah cukup menjadi tanda untuk berbicara dengan dokter Anda. Mengadvokasi kesehatan Anda adalah langkah pertama dalam menemukan solusi mendengkur yang akan membuat Anda (dan pasangan) tidur lebih nyenyak.

"Ketika orang tidur lebih nyenyak, terutama jika mereka memiliki gangguan tidur, ketika hal ini diobati, segala sesuatu tentang kehidupan akan menjadi lebih baik," kata Wickwire.

Namun jika Anda belum siap untuk membuat janji dengan dokter, berikut adalah beberapa alat bantu mendengkur yang direkomendasikan oleh para ahli yang dapat Anda coba di rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.