Sukses

5 Buah untuk Mencegah Rambut Rontok

Berikut ini buah-buahan yang membantu merawat rambut, dari mencegah kerontokan hingga membuat rambut berkilau.

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan melawan berkurangnya garis rambut dan menipisnya mahkota kepala dipengaruhi oleh banyak faktor, dari genetika dan usia hingga pilihan gaya hidup dan fluktuasi hormonal. Namun, di tengah tantangan ini, alam dengan baik hati menawarkan rangkaian buah-buahan ramah rambut yang membantu meminimalkan rambut rontok.

Sarat dengan nutrisi penting buah-buahan ini tidak hanya memperkuat folikel dan mencegah kerontokan rambut, tetapi juga memberikan kilau alami.

Dalam eksplorasi kekayaan alam ini, buah-buahan ramah rambut mampu melampaui perannya sebagai camilan belaka bahkan berevolusi menjadi sekutu yang kuat dalam upaya mencapai rambut yang sehat.

Melansir Lifestyle Asia, Jumat (1/9/2023), berikut ini buah-buahan yang membantu merawat rambut, dari mencegah kerontokan hingga membuat rambut berkilau.

1. Buah Berries - Kekuatan Antioksidan

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan blackberry, tidak hanya enak rasanya, tetapi juga mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan memerangi stres oksidatif dalam tubuh, sebuah faktor yang dapat menyebabkan penuaan dan kerontokan rambut.

Vitamin C, yang banyak ditemukan dalam buah beri, membantu produksi kolagen, protein penting untuk struktur rambut. Selain itu, buah beri mengandung flavonoid yang meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, memastikan pengiriman nutrisi yang cukup ke folikel rambut.

2. Buah Jeruk - Vitamin C untuk Penguatan

Buah jeruk, seperti jeruk, lemon, dan grapefruit terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu penyerapan zat besi, mineral penting untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu, kandungan ini juga mendukung produksi kolagen, yang menjaga kekuatan dan elastisitas rambut. Konsumsi buah jeruk secara teratur dapat berkontribusi pada lingkungan kulit kepala yang lebih sehat dan mengurangi risiko penipisan rambut.

3. Alpukat - Mentega Alami untuk Rambut

Alpukat, sering dipuji sebagai makanan super, merupakan sumber lemak sehat yang kaya, terutama lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini membantu melembabkan kulit kepala dan mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan rambut rapuh.

Alpukat juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang mendukung sirkulasi darah yang sehat ke kulit kepala, sehingga meningkatkan kesehatan folikel rambut. Selain itu, kehadiran biotin dalam alpukat juga turut memperkuat helai rambut sehingga mengurangi kerusakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kiwi

Kiwi mungkin berukuran kecil, namun dampak nutrisinya terhadap rambut sangat besar. Buah satu ini mengandung vitamin E, vitamin C, dan berbagai mineral penting, seperti seng dan magnesium.

Kekurangan seng dikaitkan dengan kerontokan rambut, menjadikan kiwi sebagai tambahan yang berharga untuk diet ramah rambut. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kiwi juga membantu produksi kolagen, yang berkontribusi pada kekuatan dan vitalitas rambut.

5. Pepaya - Enzim untuk Kesehatan Rambut

Pepaya terkenal mengandung enzim, seperti papain yang membantu pencernaan, namun juga menawarkan manfaat signifikan untuk kesehatan rambut.

Enzim papain membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kelebihan sebum dari kulit kepala, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk pertumbuhan rambut. Kaya akan vitamin A, nutrisi penting untuk produksi sebum, pepaya membantu menjaga minyak alami rambut yang menjaga helaian rambut tetap lembab dan cerah.

6. Mangga - Vitamin untuk Regenerasi Rambut

Mangga tidak hanya merupakan camilan musim panas yang menyenangkan, tetapi juga merupakan sumber vitamin yang penting untuk regenerasi rambut.

Vitamin A mendukung pertumbuhan sel, termasuk sel-sel yang membentuk folikel rambut. Vitamin ini membantu memproduksi sebum, kondisioner alami rambut. Mangga juga mengandung vitamin E, yang bersama dengan sifat antioksidannya, berkontribusi terhadap peningkatan sirkulasi darah di kulit kepala.

Meskipun buah-buahan ramah rambut ini dapat memberikan nutrisi penting untuk mendukung kesehatan rambut dan meminimalkan rambut rontok, penting untuk diingat bahwa pola makan seimbang, olahraga teratur, perawatan rambut yang tepat, dan mengelola stres juga merupakan komponen penting untuk mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan kilau rambut.

Memasukkan berbagai buah-buahan ini ke dalam makanan harian dapat berkontribusi pada kesehatan rambut secara keseluruhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini