Sukses

Selain Menyehatkan, Inilah 4 Manfaat Kedelai di Dunia Kecantikan

Untuk mengetahui lebih lanjut, Ellis membagikan empat manfaat kedelai yang perlu Anda ketahui khususnya dalam dunia kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Kedelai menjadi sumber protein yang baik sehingga dapat menyehatkan tubuh. Namun, jenis kacang-kacang satu ini ternyata juga berperan dalam dunia kecantikan. Dari merawat kulit hingga rambut, inilah manfaat kedelai yang perlu diket.

"Kedelai bertindak sebagai bahan yang lebih biodegradable dan ramah lingkungan dalam berbagai produk rumah tangga sehari-hari, seperti kosmetik, pencuci muka, tabir surya, lilin, bahan pembersih, ban, dompet, dan banyak lagi," kata petani kedelai generasi kesepuluh dan pemimpin petani kedelai AS Shannon Tignor Ellis seperti melansir Well and Good, Senin (7/8/2023).

Untuk mengetahui lebih lanjut, Ellis membagikan empat manfaat kedelai yang perlu Anda ketahui khususnya dalam dunia kecantikan.

1. Mencoba produk berbahan dasar kedelai

Untuk kulit yang lebih sehat, cobalah memasukkan produk berbasis kedelai ke dalam rutinitas kecantikan Anda. Minyak kedelai mengandung sifat surfaktan alami, yang menjebak kotoran agar lebih mudah menghilangkannya dari kulit Anda, kata Ellis. Kualitas ini menjadikan kedelai sebagai tambahan yang ideal untuk sabun mandi atau pembersih wajah Anda.

Bahan lain yang harus diperhatikan adalah isoflavon kedelai, yang akan Anda temukan dalam losion dan krim. "Isoflavon kedelai dapat meningkatkan jaringan ikat kulit, menghasilkan elastisitas yang lebih baik, garis-garis halus yang lebih halus, dan pengurangan munculnya bintik-bintik gelap — menghasilkan kulit yang tampak bercahaya secara alami," kata Ellis

2. Memperbaiki kerusakan rambut

Tahukah Anda bahwa rambut Anda terdiri dari 90 persen protein? Itu berarti akarnya kuat dan sehat—tetapi saat tumbuh, ia kehilangan kelembapan dan nutrisi. Jadi, melengkapi dengan produk rambut yang mengandung protein adalah kuncinya.

“Protein kedelai, yang ditemukan dalam berbagai produk perawatan rambut, mudah diserap ke dalam helaian rambut untuk memperbaiki batang rambut. Dengan penggunaan produk protein kedelai yang konsisten, rambut menjadi tidak mudah patah,” tutur Ellis.

3. Merileksan tubuh dengan lilin aroma kedelai

Saat Anda membutuhkan momen perawatan diri, menyalakan lilin menciptakan suasana santai yang sempurna. Untuk cahaya yang bertahan lama, cobalah lilin berbahan dasar kedelai, kata Ellis.

"Ini memiliki titik leleh yang lebih rendah, yang memungkinkan pembakaran lebih lama, lebih bersih, dan lebih merata,” tutur dia. Selain itu, lilin ini juga dapat menahan aroma lebih lama daripada jenis lainnya.

4. Menjadi bahan pembersih

Jika Anda ingin membuat rutinitas pembersihan lebih berkelanjutan, carilah pelarut kedelai yang disebut metil soyate. Berasal dari minyak kedelai, produk seperti rangkaian pembersih dan penghilang lemak ini adalah cara yang ramah lingkungan untuk menghindari scrubbing dengan bahan buatan yang berpotensi berbahaya, kata Ellis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini