Sukses

Ketahui 6 Manfaat Kesehatan Zucchini yang Belum Diketahui

Zucchini atau juga dikenal sebagai courgette, adalah sejenis labu musim panas.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Departemen Pertanian di AS, seporsi atau secangkir zucchini memberikan kurang lebih 20 persen dari Nilai Harian vitamin C. Bahkan sejumlah penelitian menunjukkan ada beragam manfaat kesehatan potensial yang disediakan oleh salah satu jenis labu ini.

Dilansir dari Forbes, Jumat (12/5/2023), zucchini atau juga dikenal sebagai courgette, adalah sejenis labu musim panas. Seorang anggota keluarga labu Cucurbitaceae, bersama mentimun, semangka, labu dan banyak lagi, tanaman berbiji ini secara botani dianggap sebagai buah, namun umumnya dimasak dan dinikmati sebagai sayuran.

Menurut USDA, zuccnini mengandung:

a. Air : 118 gram

b. Energi: 21 kalori

c. Protein: 1,5 gram

d. Karbohidrat: 4 gram

e. Serat: 1 gram (total diet)

f. Total gula: 3 gram

Selain itu, juga mengandung sekitar 324 miligram potasium, 47 miligram fosfor, 22 miligram magnesium, 22 miligram vitamin C dan 20 miligram kalsium.

Porsi yang disarankan ketika ingin memasak zucchini adalah satu cangkir, yang dapat Anda pertimbangkan untuk ditambahkan ke konsumsi sayuran regular harian, saran ahli gizi terdaftar dan anggota Dewan Penasihat Kesehatan Forbes Keri Gans.

“Beberapa hari mungkin brokoli, brussel sprout atau asparagus, dan hari lain mungkin zucchini. Yang paling penting adalah sayuran apapun dikonsumsi setiap hari,” catatnya. Jumlah harian sayuran yang direkomendasikan untuk orang dewasa bervariasi, mulai dari 2 setengah hingga 3 cangkir untuk wanita, dan antara 2 setengah hingga 4 cangkir untuk pria.

6 Manfaat Kesehatan Zucchini

1. Rendah kalori

Satu cangkir zucchini mentah cincang dengan kulitnya hanya mengandung 21 kalori. Karena Anda mendapatkan banyak nutrisi untuk kalori tersebut, itu dianggap padat nutrisi — atau kaya nutrisi.

2. Mengandung vitamin dan nutrisi di kulitnya

Alih-alih mengupas zucchini, Proyek Informasi dan Pendidikan Gizi Oklahoma (ONIE) menyarankan untuk membiarkan kulitnya tetap ada alias tidak dikupas. Ini tidak hanya dikemas dengan vitamin C dan vitamin B6, tetapi juga menyediakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu pencernaan secara teratur dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Namun, pastikan untuk menggosok kulitnya sebelum digunakan agar tetap aman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Zucchini

3. Mendukung potensi manfaat anti-kanker

Berbagai penelitian menunjukkan potensi manfaat zucchini dan labu musim panas dalam pencegahan kanker. Pemain kunci dalam hal ini mungkin adalah antioksidan zeaxanthin, yang dapat membantu mencegah stres oksidatif, dan secara berurutan, membantu kemungkinan pencegahan kanker.

Adapun antioksidan lain yang mungkin juga berperan dalam pencegahan kanker meliputi fenolat, karotenoid, klorofil, dan vitamin C. Menurunkan risiko kanker kerongkongan, lambung, mulut, faring, dan laring mungkin terkait dengan senyawa bioaktif ini.

4. Memiliki manfaat untuk kesehatan mata

Zucchini juga memiliki karotenoid, jenis antioksidan lain, khususnya lutein dan zeaxanthin, yang secara positif dikaitkan dengan kesehatan mata, tambah Gans. Senyawa antioksidan zeaxanthin dan lutein dalam zucchini dapat menurunkan risiko masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia, kata spesialis nutrisi Melina Jampolis.

5. Mengurangi peradangan

Jampolis juga mencatat bahwa zeaxanthin dan lutein, bersama dengan polifenol, dapat membantu mengurangi peradangan. Studi juga menunjukkan bahwa sayuran dari keluarga Cucurbitaceae memiliki sifat biologis anti-inflamasi dan memiliki efek farmakoterapi pada peradangan.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Studi menunjukkan bahwa potasium dapat meningkatkan status mineral tulang dan bermanfaat bagi kepadatan mineral tulang. Selain itu, asupan magnesium yang lebih tinggi, juga ditemukan dalam zucchini, dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi, yang menunjukkan penurunan risiko patah tulang dan osteoporosis. Asupan kalsium yang baik—yang terdapat dalam zucchini—juga penting untuk kesehatan tulang.

Zucchini umumnya bermanfaat untuk semua orang dan dapat dimasukkan ke dalam sebagian besar rencana diet, kata Gans. Namun, “tidak ada satu sayuran pun, atau vitamin atau mineral, yang merupakan pengobatan, atau penyembuhan, untuk kondisi kesehatan atau penyakit apa pun.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini