Sukses

5 Kombinasi Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Bermasalah, Hindari Jika Tak Ingin Terjadi!

Beberapa makanan tertentu yang jika dimakan bersamaan dengan yang lain bisa memengaruhi pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, beberapa kombinasi makanan ternyata bisa membuat perut sakit dan kembung. Jadi, Anda perlu menghindari makanan tersebut agar tidak ingin perut bermasalah.

Lantas, apa saja makanan yang bisa menyebabkan kembung dan sakit perut?

Beberapa makanan tertentu yang jika dimakan bersamaan dengan yang lain bisa memengaruhi pencernaan. Bahkan makanan tersebut bisa menyebabkan kembung, kelelahan, dan masalah lain semacamnya. Sebab, kombinasi makanan tersebut menghasilkan racun saat dikonsumsi bersama dan merusak kesehatan.

Misalnya, seseorang harus makan buah setidaknya 2 jam sebelum dan 2 jam setelah makan untuk menghindari gangguan pencernaan. Sementara makanan keju sebaiknya tidak dipadukan dengan minuman dingin.

“Kami biasanya menggabungkan dua atau lebih makanan untuk mendapatkan nutrisi dan membuat hidangan kami enak. Namun, ada beberapa kombinasi makanan yang harus dihindari karena waktu yang diperlukan untuk pencernaannya dan kondisi yang diperlukan untuk pencernaannya berbeda. Kombinasi makanan yang buruk dapat menyebabkan sakit perut, kembung, lelah, gas, dan tidak nyaman. Hanya dengan kombinasi makanan yang tepat, seseorang dapat menurunkan berat badan dan tetap energik sepanjang hari," jelas Ahli Gizi dan Pendiri DtF Sonia Bakshi seperti melansir Hindustan Times, Kamis (2/3/2023).

Karena itu, Sonia menyarankan agar Anda menghindari daftar kombinasi makanan yang berbahaya bagi kesehatan, di antaranya:

1. Susu dan pisang

Apakah Anda suka menikmati smoothie pisang atau mengocoknya di pagi hari? Perpaduan antara susu dan pisang memang berat dan butuh waktu lama untuk dicerna. Saat makanan sedang dicerna, seseorang bisa mengalami kelelahan. Jadi, jika Anda suka minum milkshake pisang, coba tambahkan sejumput kayu manis untuk melancarkan pencernaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kombinasi Makanan Lainnya

2. Buah dengan makanan Anda

Banyak orang suka memadukan makanan dengan salad buah atau shake. Namun, praktik tersebut bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki pencernaan lemah. Buah-buahan mudah dicerna oleh perut, tetapi waktu makan Anda mungkin membutuhkan lebih banyak waktu. Jadi, sampai makanannya tercerna, buah mulai berfermentasi. Cobalah untuk menghindari makan buah saat makan atau segera setelah makan.

3. Makanan keju dengan minuman dingin

Pizza dan coke bisa menjadi favorit semua orang. Bahkan, makanan itu adalah bagian terpenting dari hampir setiap perayaan saat ini. Meski terdengar menggoda, kombinasi ini tidak baik untuk kesehatan. Anda harus menghindari mengonsumsi minuman dingin dengan makanan keju karena kombinasinya dapat menyebabkan kesulitan dalam penyerapan. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

4. Yoghurt dan buah asam

Yoghurt dan buah merupakan menjadi makanan ringan favorit bagi sebagian orang sehingga dianggap sangat sehat. Namun, saat yoghurt bersentuhan dengan buah asam, serat pencernaan berkurang dan menghasilkan racun. Ini juga dapat menyebabkan alergi dingin.

5. Minuman soda setelah mint

Jangan pernah menggabungkan ini karena dapat membentuk sianida di perut Anda dan merusak sistem pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.