Sukses

Coba 9 Pengobatan Rumahan Ini Saat Sakit Gigi Kambuh di Malam Hari

Salah satu alasan sakit gigi sering menyerang di malam hari adalah karena saat berbaring, lebih banyak darah mengalir ke kepala yang dapat menekan area sensitif.

Liputan6.com, Jakarta Gigi yang bermasalah atau berlubang sewaktu-waktu akan kambuh. Bisa jadi Anda merasakannya di malam hari saat sedang tidur nyenyak. Nah, sebaiknya rasa sakit tersebut harus segera diatasi agar tidak mengganggu. Salah satunya bisa dengan pengobatan rumahan.

Sakit gigi di malam hari dapat mengganggu tidur dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Bertanya kepada dokter gigi terkadang terasa tidak mungkin apalagi jika kambuhnya di tengah malam. Itu berarti solusinya, Anda harus siap sedia pengobatan rumahan yang efektif mengobati sakit gigi.

Salah satu alasan sakit gigi sering menyerang di malam hari adalah karena saat berbaring, lebih banyak darah mengalir ke kepala yang dapat menekan area sensitif. Jika ada kerusakan atau gigi berlubang, itu lebih menyakitkan. Selain itu, juga ada beberapa penyakit gusi atau infeksi yang bisa membuat gigi sensitif dan menimbulkan rasa sakit. Bruxism atau kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur juga bisa menimbulkan rasa ngilu.

"Sakit gigi adalah nyeri ringan hingga parah di dalam atau di sekitar gigi dan rahang Anda. Ini mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah gigi atau gusi. Jika Anda sakit gigi, penting untuk mengetahui apa yang menjadi akar ketidaknyamanan Anda. Dari sana, Anda dapat menentukan cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya," jelas Direktur Klinis Klinik Gigi Dazzle, Bandra, Mumbai Rajesh Shetty seperti melansir The Indian Express, Selasa (14/2/2023).

Jika Anda sering merasakan masalah ini, beberapa obat rumahan berikut ini mungkin bisa jadi solusi mengatasi sakit gigi di malam hari yang tidak ada salahnya Anda coba. Untuk mengetahuinya, berikut ini sembilan obat rumahan untuk meredakan sakit gigi seperti yang Shetty sarankan.

1. Berkumur dengan air garam

Bagi banyak orang, kumur-kumur dengan air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Caranya, Anda cukup mencampurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Minyak cengkeh pada pelet kapas

Minyak cengkeh diketahui dapat meredakan rasa sakit. Selain itu, dengan mengoleskan pelet kapas kecil pada gigi yang bermasalah ternyata juga dapat meredakan rasa sakit sampai batas tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Obat kumur antibakteri

Seperti semua obat kumur, selain memberi bau harum dan napas mint, obat kumur antiseptik juga membantu mencegah infeksi dengan menghambat penumpukan plak di sekitar gigi. Obat kumur juga mengendur dan membantu menghilangkan partikel makanan yang tersembunyi selama menyikat gigi dan flossing. Lebih baik lagi, antiseptik ini mengurangi kemungkinan gigi berlubang.

Selain ketiga kegunaan yang sangat signifikan ini. Segala jenis obat kumur antibakteri dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan infeksi di mulut. Ini dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada gusi dan pipi Anda, serta dapat membantu mencegah infeksi dan iritasi yang mungkin terjadi.

4. Kompres dingin

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit, terutama jika ada jenis trauma yang menyebabkan sakit gigi. Saat Anda mengompres dingin, hal itu menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menyempit. Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk menerapkan tips ini, pegang kantong es yang dibungkus handuk ke area yang sakit selama 20 menit setiap kali. Anda dapat mengulangi ini setiap beberapa jam.

5. Minum obat pereda nyeri

Untuk bantuan sementara, Anda dapat minum obat pereda nyeri yang dibeli di toko sesuai petunjuk pada label. Asetaminofen dan ibuprofen seringkali merupakan pilihan terbaik untuk sakit gigi. Hal itu karena keduanya juga dapat mengurangi peradangan di area gigi yang sakit.

 

3 dari 3 halaman

6. Tinggikan kepala Anda

Cobalah tidur dengan kepala ditopang pada beberapa bantal. Meninggikan kepala Anda lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya akan mencegah darah menggenang di kepala dan mulut Anda. Akibatnya, meningkatkan sirkulasi, mengurangi pembengkakan, dan meredakan beberapa rasa sakit.

7. Perhatikan apa yang Anda makan

Sampai Anda bertemu dokter gigi, hindari makanan dan minuman yang dapat memperburuk sakit gigi, seperti makanan atau minuman yang sangat dingin, panas, atau asam. Bergantung pada penyebab sakit gigi Anda, mengunyah dengan gigi tersebut dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Jadi, sebaiknya hindari terlebih dahulu aktivitas tersebut.

8. Membersihkan gigi

Membersihkan area sekitar gigi yang sakit dengan tusuk gigi dan benang gigi dapat membantu meredakan nyeri akibat makanan yang tersangkut di dalam gusi.

9. Konsumsi cairan dingin

Jika sakit gigi bertambah dengan asupan cairan panas, Anda dapat mencoba mengonsumsi cairan dingin yang dalam beberapa kasus dapat meredakan nyeri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.