Sukses

2 Minuman Ini Kaya Asam Chlorogenic yang Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Seorang ahli diet klinis dan kuliner Jennifer Maeng mengatakan bahwa asam klorogenat adalah senyawa aktif biologis alami yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya berolahraga secara teratur, memenuhi asupan makanan yang baik pun berkontribusi dalam membantu tubuh terhindar dari penyakit kronis. Dalam hal ini, asam chlorogenic atau asam klorogenat dinilai dapat membantu.

Sebagai alternatif, ada baiknya untuk melihat lebih dekat rutinitas yang berkontribusi pada tujuan kesehatan. Mengingat hal itu, ternyata ada konsumsi. Tanpa sadar minuman ini mengandung asam klorogenat, polifenol mengesankan yang cukup manjur untuk membantu melindungi dari penyakit dan kondisi kronis.

Lantas, itu asam klorogenat?

Melansir Well and Good, Rabu (8/2/2023), seorang ahli diet klinis dan kuliner Jennifer Maeng mengatakan bahwa asam klorogenat adalah senyawa aktif biologis alami yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. Sebagai antioksidan, ia "melawan radikal bebas berbahaya saat dikonsumsi, menghilangkan dan menetralkan banyak zat berbahaya dari tubuh," kata Maeng.

Manfaat asam klorogenat

Studi menunjukkan bahwa asam klorogenat memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu, bermanfaat untuk mengurangi dan berpotensi membantu mencegah berbagai kondisi kesehatan.

“Peradangan adalah kontributor utama penyakit kronis tertentu. Oleh karena itu, penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi asam klorogenat membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit radang lainnya,” tutur Maeng.

Selain itu, kekuatan melawan peradangan asam klorogenat juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada pasien yang menderita sakit kronis. “Selanjutnya, asam klorogenat bersifat neuroprotektif, artinya dapat meningkatkan dan mempertahankan fungsi otak kognitif — termasuk rentang perhatian dan memori,” lanjut Maeng.

Dia menambahkan bahwa asam klorogenat dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi ringan.

Jumlah yang dibutuhkan

“Seseorang harus mengonsumsi sekitar 120 hingga 300 miligram asam klorogenik setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang diinginkan,” kata Maeng.

Untungnya, cukup mudah untuk mencapai kisaran yang direkomendasikan dalam memenuhi asupan harian ini, terutama jika Anda sudah menghirup manfaat anti-inflamasi, baik Anda menyadarinya atau tidak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 minuman kaya asam klorogenat anti-inflamasi

Terkait minuman yang mengandung asam klorogenat ternyata bisa Anda temukan dari dua jenis. Dua minuman yang mengandung asam klorogenik dosis kuat tidak lain adalah kopi dan teh.

“Minuman ini biasanya merupakan sumber utama asam klorogenat dalam makanan seseorang,” kata Maeng. “Faktanya, satu porsi kopi bisa mengandung hingga 675 miligram asam klorogenat.”

Dengan kata lain, minuman pilihan pagi Anda bahkan lebih bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Untuk memaksimalkan asupan asam klorogenik Anda, Maeng menawarkan beberapa tips bermanfaat antara lain sebagai berikut.

1. Cobalah kopi hijau

“Kopi hijau mengandung tiga kelas asam klorogenat yang berbeda . Konsumsi rutin terbukti menghasilkan manfaat kesehatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kopi hitam,” jelas Maeng. Ada baiknya mencoba variasi ini jika Anda mencari pertahanan yang paling kuat, tetapi jangan terlalu stres untuk beralih. Ingat, minuman standar Anda masih lebih baik daripada tidak ada minuman sama sekali.

2. Cicipi teh berkafein favorit Anda

Maeng mengatakan bahwa teh dengan dan tanpa kafein mengandung asam klorogenat dalam jumlah besar sehingga mereka yang membutuhkan peningkatan energik dapat memperoleh manfaat dari teh pilihan mereka. Namun, ada beberapa varietas yang menawarkan antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi, dan memang mengandung kafein.

“Teh hitam dan hijau telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit, tetapi baru belakangan ini asam klorogenat diakui sebagai sumber manfaat kesehatan tertentu yang berasal dari konsumsi teh secara teratur,” ungkap Maeng.

3. Camilan makanan yang mengandung asam klorogenat

“Memasukkan buah-buahan, seperti blueberry dan apel, ke dalam diet harian Anda adalah [lainnya] cara mudah untuk meningkatkan asupan asam klorogenat Anda,” kata Maeng.

Beberapa makanan lain yang bisa Anda konsumsi antara lain biji bunga matahari, pir, tomat, kentang, dan terong.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.