Sukses

Bukan Sekadar Rempah-rempah, Cengkih Juga Bermanfaat Buat Perawatan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Kini cengkih tidak hanya bisa dijadikan sebagai rempah-rempah atau penghias makanan, tapi juga membantu merawat rambut. Manfaat cengkih untuk rambut di antaranya bisa meningkatkan sirkulasi dan kesehatan rambut.

Berasal dari Indonesia, cengkih telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk mengobati banyak penyakit pencernaan dan membantu kedokteran gigi. Selain itu, cengkih juga merupakan bagian integral dari banyak pengobatan Tiongkok dan pengobatan Ayurveda karena sifat antimikroba, antivirus, anestesi, anti-parasit, dan antioksidannya.

Cengkih, kuncup pohon cengkeh dari keluarga Myrtaceae yang belum dibuka, memiliki sejarah yang berpengaruh sejak 300 SM ketika menjadi penyebab banyak konflik dan ekspedisi di antara para pedagang. Dicari secara luas untuk rasa dan penggunaan obatnya, penelitian modern telah mengonfirmasi manfaat cengkih yang terkenal dan penerapannya yang luas yang relevan dengan kesehatan manusia dan hewan, kosmetik, penyedap rasa, dan industri makanan.

Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

“Potensi manfaat dari mengkonsumsi cengkih tidak langsung dan diberikan melalui kontribusi yang mereka buat untuk kesehatan secara keseluruhan,” jelas salah satu dokter kulit bersertifikat Rebecca Marcus.

Dia mencatat bahwa cengkih adalah sumber antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan menangkal beberapa efek buruk dari stres oksidatif. Meskipun tidak secara langsung meningkatkan kesehatan rambut, “ketika seluruh tubuh lebih sehat, rambut juga cenderung lebih sehat,” kata Marcus.

Selain sifat antioksidannya, seorang ahli diet terdaftar, pelatih nutrisi, dan pendiri Crave with Carlie Saint-Laurent Beaucejour mengatakan cengkih memiliki senyawa fenolik, eugenol, yang memberikan manfaat antibakteri dan anti-inflamasi.

“Cengkih dapat membantu memperlambat perkembangan kanker tertentu dan meningkatkan resistensi insulin dan kesehatan jantung,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Sirkulasi

Secara tidak langsung cengkih membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi kulit kepala. Ini karena mengandung vitamin K, jelas Saint-Laurent Beaucejour. Banyak perawatan dan teknik pertumbuhan rambut dan regenerasi yang populer bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi kulit kepala karena aliran darah beroksigen yang sehat diyakini memberikan landasan yang sehat untuk pertumbuhan rambut baru.

Meskipun ada banyak manfaat untuk meningkatkan asupan vitamin K, ada beberapa obat dan kondisi yang mungkin terkena dampak negatifnya. Saint-Laurent Beaucejour mengatakan, Anda harus menghindari cengkeh jika menggunakan obat antikoagulan karena konsentrasi vitamin K.

"Saya tidak akan merekomendasikan mengkonsumsi cengkeh untuk anak-anak dan orang hamil," tambahnya. “Selalu konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menambahkan atau mengganti suplemen, jamu, dan rempah-rempah Anda.”

Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut

Selain itu, Saint-Laurent Beaucejour juga mengatakan bahwa cengkih dapat membantu pertumbuhan rambut karena kandungan beta karotennya yang mendorong pertumbuhan sel, dan vitamin K, dan meningkatkan sirkulasi darah. Penting untuk digarisbawahi bahwa manfaat ini tidak langsung karena Marcus memperingatkan bahwa cengkih belum terbukti secara ilmiah memiliki efek terukur pada pertumbuhan rambut saat tertelan.

Meski begitu, Marcus menambahkan bahwa dalam penelitian pada hewan, mengoleskan minyak cengkih secara topikal ke kulit telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut pada kelinci. Penelitian juga mendukung penggunaan pengobatan alami yang mengandung cengkih untuk perawatan gangguan rambut dan kulit kepala.

 

3 dari 3 halaman

Memperkuat Rambut

Kerusakan rambut adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut dan dapat disebabkan oleh faktor-faktor termasuk kerusakan akibat panas, pemutihan, dan stres. Cengkih dapat membantu mencegah kerusakan karena mengandung mikronutrien mangan, yang menurut Saint-Laurent Beaucejour memperkuat helai rambut, melindunginya dari kerusakan.

Saint-Laurent Beaucejour juga mengatakan bahwa cengkih bahkan dapat membantu mencegah rambut beruban melalui antioksidannya. Cengkih mengandung antioksidan eugenol, yang dapat membantu mencegah oksidasi folikel rambut. Oksidasi dapat disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup tertentu serta penuaan dan menyebabkan rambut kehilangan pigmennya. Dia juga mengungkapkan bahwa cengkeh dapat membantu memperlambat atau mencegah uban dengan mengurangi oksidasi ini.

Mengurangi Rasa Gatal (Terutama Dari Ketombe)

Cengkih telah digunakan secara topikal untuk mengobati sejumlah masalah kulit dan kulit kepala karena sifat antimikroba, antioksidan, antivirus, anestesi, dan anti-parasitnya. Banyak yang memilih untuk mengoleskan cengkeh secara topikal dalam bentuk minyak cengkih untuk mengobati kondisi, seperti ketombe yang bisa mendapatkan keuntungan dari sifat antiseptik rempah tersebut. Cengkih sebenarnya dapat mengobati bakteri penyebab ketombe sehingga membantu menghentikan rasa gatal.

Saint-Laurent Beaucejour berbagi bahwa cengkih dapat bermanfaat bagi rambut Anda dengan membersihkan kulit kepala dan menjaganya bebas ketombe dan dengan mengurangi rasa gatal.

Di samping itu, mengonsumsi cengkih juga memiliki manfaat untuk mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Eugenol, salah satu antioksidan yang ditemukan dalam cengkih, memiliki antihistamin ganda dan efek pereda nyeri, keduanya dapat membantu mengurangi rasa gatal. Tergantung pada penyebab gatalnya, eugenol dapat membantu meredakan peradangan dan juga rasa sakit.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS