Sukses

3 Tips Tetap Tenang Saat Terjebak Konflik Keluarga

Tidak jarang terjadi saat berkumpul yang harusnya menjadi momen indah tapi berubah suasananya karena terjadi perselisihan yang memicu konflik keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Kumpul keluarga menjadi waktu yang dinantikan oleh sebagian orang. Acara tersebut akan menjadi momen yang indah karena setelah sekian lama tidak bertemu akhirnya dapat berjumpa kembali.
 
Namun tidak jarang juga saat berkumpul yang harusnya menjadi momen indah tapi berubah suasananya karena terjadi perselisihan yang memicu konflik. Dampak besarnya yaitu timbulnya permusuhan antar keluarga.
 
Biasanya hal-hal yang paling sering membuat konflik membara saat acara keluarga adalah terlalu dalam ikut campur urusan pribadi dan mengucilkan sesama anggota keluarga.
 
Tentunya hal semacam ini bisa membuat anda stres. Jangan biarkan stres menjadi berlarut karena bisa memengaruhi kondisi tubuh juga.
 
Dilansir dari CNBC, Kamis (8/11/2022), ada tiga cara untuk menenangkan diri jika anda tidak bisa menghindari konflik keluarga yang muncul ketika acara keluarga besar berlangsung:
 
1. Melakukan Peace – Pauce Breathing
 
Dengan latihan ini, Anda harus memejamkan mata sehingga dapat memvisualisasikan mengeja kata "damai". Perpanjang dan perdalam pernapasan Anda untuk mengikuti langkah ini:
Tarik napas selama lima hitungan.
Buang napas selama tujuh hitungan.
Setelah menghembuskan napas, jeda selama lima hitungan.
Setelah Anda menetapkan polanya, mulailah mengeja DAMAI dalam pikiran Anda selama jeda lima hitungan.
 
2. Melakukan Box Breathing
 
Terbukti bahwa dengan mengatur napas dapat mengurangi stres. Pernapasan box menjadi salah satu teknik yang bisa membantu anda untuk tetap tenang dan dilakukan dalam empat langkah:
 
Buang napas selama empat hitungan
Tahan napas selama empat hitungan
Tarik napas selama empat hitungan
Tahan napas lagi selama empat hitungan
 
Lakukan ini sambil memvisualisasikan menggambar sebuah kotak.
“Anda mungkin sedang duduk di meja makan dan Anda bisa menarik napas dalam-dalam dan memvisualisasikan box itu dengan otak Anda,” kata Stewart.
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain

3. 54321 grounding
 
Saat Anda merasa kewalahan dengan situasi yang sedang terjadi di hadapan anda sekarang, anda bisa coba memindai lingkungan anda dan mencoba 54321 grounding.
 
Latihan ini mencakup lima langkah:
Identifikasi lima hal yang Anda lihat di sekitar Anda
Identifikasi empat hal yang dapat Anda sentuh di sekitar Anda
Identifikasi tiga hal yang Anda dengar
Identifikasi dua hal yang dapat Anda cium
Identifikasi satu hal yang dapat Anda rasakan
 
Ini dapat menenangkan Anda saat pikiran Anda berpacu atau sedang kesal. Ini adalah skill yang dapat Anda lakukan di kepala Anda tanpa ada yang memperhatikannya.
 
Dengan adanya konflik seperti ini dapat menimbulkan trauma bagi anggota keluarganya sehingga membuat anda menjadi malas untuk terlibat kembali dalam acara semacam itu.
 
Oleh karena itu, sebelum anda pergi maka anda harus memikirkan dengan matang tentang anda mau menghabiskan waktu dimana atau dengan siapa yang bisa membuat anda merasa aman dan nyaman.
 
“Anda bisa memilih hal yang membuat anda nyaman. Entah pergi ke acara keluarga besar tersebut atau lebih memilih menghabiskan waktu hanya dengan keluarga inti atau anggota keluarga yang sangat dekat dengan anda,”kata Brittany Stewart, terapis keluarga.
 
Penulis: Nita Suci Lydiarti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini