Sukses

3 Alasan Utama Kenapa Orang Memilih Sibuk

Liputan6.com, Jakarta  Email yang belum dibaca di kotak masuk Anda. Rapat kerja terus-menerus. Daftar tugas yang mengganggu itu mungkin itu yang membuat anda menjadi sangat sibuk. Sebenarmya hal seperti ini hanya sebuah mainfestasi dari kesibukan, jadi belum tentu hal itu yang menjadi akar penyebabnya.
 
Menurut Dorie Clark, pakar kepemimpinan yang dilansir dari laman CNBC, Senin  (5/12/2022), terdapat tiga alasan utama kenapa orang memilih untuk merasa sibuk, yaitu sebagai berikut.
 
1. Sibuk untuk mencapai simbol status
 
Merasa sibuk membuat diri kita merasa penting. Peneliti menganalisis bahwa cara orang memandang status itu didasari oleh tanda-tanda kesibukan. Kelihatannya orang yang sibuk itu cenderung memiliki status sosial yang tinggi.
 
Melupakan sesuatu yang mengakar secara sosial seperti obsesi terhadap pekerjaan tidak bisa terjadi dalam waktu semalam. Terkadang kita berkata “saya sangat sibuk” padahal dalam hati kita mengatakan bahwa “saya adalah orang yang sangat penting”. Perasaan itu memang sulit dihindari walaupun kita sebenarnya ingin berusaha melepaskannya.
 
2. Menghindari ketidakpastian
 
Banyak dari kita menggunakan kesibukan sebagai cara untuk menghindar dari ketidakpastian. Ketidakpastian di tempat kerja dapat berdampak buruk pada kesehatan anda. Hal ini menjadi pemicu umum stres. Tetapj ketidakpastian tertanam dalam kehidupan itu sendiri.
 
Ketika kita mencoba menghindarinya dengan sengaja menyibukkan diri sebenarnya bukan membuat kita membaik melainkan tambah stres padahal hal tersebut sudah berusaha anda hindari. Terkadang kita diberikan tugas atau tantangan oleh bos seperti tingkatkan pejualan sebesar 30 persen, secara taktik anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya.
 
Menggandakan apa yang biasa Anda lakukan sebagai gantinya mungkin bukan jawaban terbaik, tapi itu adalah jawabannya dan itu bisa menghilangkan ketidakpastian.
Dorongan utama untuk menghindari ketidakpastian ini bahkan ketika anda tetap sibuk padahal tidak menginginkannya, coba rerenungkan apakah Anda berada dalam karier yang benar-benar membuat Anda bahagia atau tidak.
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

3. Mati rasa
 
Terkadang orang coba hilangkan masalah mereka dengan menyibukkan diri seperti bekerja terus-menerus. Banyak dari kita yang tidak ingin terlibat dalam hal-hal yang tidak ingin kita hadapi jadi bekerja adalah obatnya. Ini memang cenderung menjadi dorongan umum tapi bukan solusi yang bisa digunakan sepanjang masa.
 
Bagaimana memutus siklus kesibukan?
 
Jika Anda telah mengenali salah satu dari tiga akar penyebab kesibukan ini dalam diri Anda, Anda beruntung. Kita harus jujur tentang apa yang memotivasi kita sehingga kita bisa punya pilihanbyang berbeda. Kita perlu menyadari soap kebebasan sejati adalah tentang menciptakan ruang untuk diri sendiri minimal untuk kita bernapas dan berpikir.
 
 
Penulis: Nita Suci Lydiarti
 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS