Sukses

Petrokimia Gresik Kirim Obat-Obatan ke Lokasi Terdampak Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta Petrokimia Gresik, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan bantuan sembako, obat-obatan, dan bantuan kebutuhan lainnya senilai Rp100 juta untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Bantuan diserahkan melalui Posko Cugenang, Rabu (23/11).

Terpisah, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa, beberapa waktu terakhir Indonesia banyak berduka karena terjadinya bencana di beberapa daerah. Petrokimia Gresik melalui program “Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi” hadir untuk membantu meringankan beban para korban.

“Meskipun wilayah operasional perusahaan berada di Gresik, namun Petrokimia Gresik berempati dengan apa yang dialami oleh saudara kami korban bencana di berbagai daerah di tanah air, termasuk untuk saudara-saudara kami yang menjadi korban gempa Cianjur,” ujar Dwi Satriyo.

Adapun bantuan yang disalurkan Petrokimia Gresik telah dikoordinasikan dengan Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN yang diinisasi oleh Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir. Rinciannya antara lain beras total 3,8 ton, air mineral 250 dus, mi instan 200 dus, telur 1,8 kuintal, obat-obatan, pamper 100 bal, dan kebutuhan korban bencana lainnya dengan total nilai mencapai Rp100 juta.

“Bantuan ini memang belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan para korban, tapi kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat mengurangi beban dan dapat membantu mempercepat pemulihan para korban bencana gempa di Cianjur,” ujar Dwi Satriyo.

Sementara untuk penyalurannya, Petrokimia Gresik bersinergi dengan Pupuk Kujang Cikampek yang juga merupakan anak perusahaan Pupuk Indonesia. Wilayah operasional Pupuk Kujang Cikampek lebih dekat dengan lokasi bencana, sehingga bantuan bisa segera tersalurkan.

“Kami sebagai bagian dari BUMN harus peduli terhadap lingkungan sekitar, termasuk berkomitmen hadir di tengah masyarakat, seperti di tengah duka yang dialami masyarakat Cianjur. Semoga para korban diberikan kekuatan, dan dapat segera pulih,” tutup Dwi Satriyo.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Satgas Bencana BUMN Gerak Cepat, Erick Thohir: Cianjur Tak Sendirian

Menteri BUMN Erick Thohir mengerahkan Satuan Tugas Bencana BUMN ke lokasi terdampak gempa Cianjur beberapa saat setelah kejadian. Dia pun menyampaikan duka cita terhadap bencana alam tersebut.

Berbagai bantuan disalurkan. Mulai dari makanan, pakaian, hingga alat berat untuk membantu evakuasi. Beberapa jalan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diketahui terputus karena longsor.

"Alhamdulillah, Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia telah bergerak cepat membantu penanganan dampak gempa di Cianjur dan sekitarnya," ujarnya melalui Instagram @erickthohir, Kamis (24/11/2022).

"Sejumlah bantuan mulai dari makanan, pakaian, selimut, keperluan bayi, hingga alat-alat berat terus berdatangan," beber Erick.

 

3 dari 3 halaman

Duka Cita

Dia pun menyampaikan duka cita terhadap bencana tersebut. Erick berdoa agar semua korban bisa diberi kekuatan untuk melewati ini.

Saya mewakili keluarga besar BUMN mengucapkan turut berduka atas bencana yang terjadi. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk melewati ini.

Sejumlah BUMN dari BRI, BNI, PLN, Jasa Marga, hingga Adhi Karya mengerahkan kekuatan untuk membantu korban gempa Cianjur. Dengan begitu, Erick menyimpulkan kalau para korban tidak lah sendirian.

"Cianjur, kamu tidak sendirian," pungkas Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Petrokimia Gresik merupakan produsen pupuk di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya (1962).
    Petrokimia Gresik
  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.
    BUMN
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Bantuan