Sukses

ERT Putra Perkasa Abadi Sabet Juara Umum Indonesia Fire and Rescue Challenge

Liputan6.com, Jakarta Emergency Response Team (ERT) PT Putra Perkasa Abadi (PPA) menyabet gelar juara umum ajang Indonesia Fire & Rescue Challenge (IFRC) ke-19 yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur. PPA dinobatkan sebagai juara umum setelah meraih 5 medali emas dan 2 perak dari delapan kategori yang dilombakan yang digelar pada tanggal 13 hingga 22 November 2022.

Lima medali emas diraih pada kategori Structural Firefighting (SFF), Road Accident Rescue & Mass Casualty Response (RAR & MCR), High Angle Rescue (HAR), Hazmat Spill Response (HSR) dan Water Rescue (WTR). Sementara pada kategori Confined Space Rescue (CSR) dan Firefighter Fitness Drill (FFD), ERT PPA merengkuh medali perak. Tak hanya itu, PPA juga mendapatkan penghargaan Best Team Improvement pada kategori non-kompetisi serta Best Captain untuk Hendrik Aprianto.

Indonesia Fire & Rescue Challenge (IFRC) merupakan ajang kompetisi tim rescue pertambangan tahunan dan kali ini digelar PT Bumi Suksesindo selaku tuan rumah. Penyelenggaraan ke-19 kali ini diikuti 24 tim rescue pertambangan nasional antara lain Berau Coal, Antam, Vale, Pertamina Hulu Energy dan Pama Persada serta sejumlah perusahaan tambang, migas, energi dan jasa pertambangan lainnya.

Juara umum oleh PPA, perusahaan jasa pertambangan, merupakan catatan bersejarah pada ajang yang dilaksanakan sejak 1995 ini, karena sebelumnya juara umum selalu diraih perusahaan tambang dan migas.

“Masih banyak yang melihat safety di pertambangan merupakan sebuah cost (beban), tapi tidak bagi kami. PPA melihat safety, healthy dan environment (SHE) merupakan sebuah investasi. Sehingga kami tidak ragu mengalokasikan unlimited budget untuk hal tersebut. Untuk mendapatkan hasil SHE yang optimal dibutuhkan tim yang mempunyai kompetensi di bidangnya dan pencapaian Emergency Response Team kami hari ini menjadi bukti bahwa PPA bukan hanya mempunyai visi dan misi saja, tapi juga telah mempunyai tim yang teruji,” tutur Presiden Direktur PPA Christianto Setyo seusai menerima trofi Piala Bergilir IFRC ke-19 di Banyuwangi, Selasa (22/11).

Sebelum meraih gelar bergengsi di Banyuwangi, ERT PPA juga menjadi juara umum Indonesia Fire & Fighter Competition 2021 dan Kalimantan Fire & Rescue Challenge 2022. Perolehan kali ini menjadikan PPA sebagai perusahaan jasa pertambangan pertama yang mengawinkan juara umum Indonesia Fire Rescue Challenge dan Indonesia Fire Rescue Competition.

Tak hanya aktif mengikuti kejuaraan untuk melatih dan menambah keterampilan, ERT PPA juga kerap berpartisipasi dalam program sosial Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Peduli Bencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.