Sukses

Ingin Rambut Tumbuh Lebih Cepat dan Kuat, Begini Lho Triknya

Liputan6.com, Jakarta Mencoba menumbuhkan rambut lebih panjang atau mendapatkan rambut yang lebih tebal bisa terasa seperti menunggu tanpa akhir.Adapun rambut adalah jaringan yang tumbuh paling cepat di tubuh manusia.

Menurut Trichological Society, tingkat pertumbuhan rata-rata adalah 0,5 hingga 1,7 sentimeter per bulan atau sekitar dua hingga delapan inci per tahun. Pertumbuhan itu bisa terasa minimal — terutama saat Anda menunggu hal itu terjadi.

Melansir laman goodhousekeeping, Rabu (28/9/22). Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), kerontokan antara 50 dan 100 rambut adalah hal yang normal, tetapi jika menurut Anda pertumbuhan rambut Anda benar-benar terhambat, ada beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan untuk rejimen perawatan rambut Anda sehari-hari. untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Anda dapat mencoba menggunakan sikat rambut yang berbeda, menyesuaikan seberapa sering Anda menggunakan pengering rambut untuk mengurangi kerusakan pada rambut Anda atau menambahkan minyak penumbuh rambut dan makanan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat sesuai rutinitas Anda.

1. Sering Pangkas

Jika Anda ingin rambut panjang yang benar-benar sehat, Anda perlu memangkas secara teratur. "Meskipun potongan rambut tidak membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat, mereka menghilangkan ujung bercabang yang merusak rambut," jelas Michael Dueñas, penata rambut selebriti yang berbasis di Los Angeles.

 "Menghilangkan kerusakan memberi kesan bahwa rambut Anda tumbuh lebih cepat. Bagaimanapun, ujung rambut bercabang yang patah dapat menyebabkan rambut Anda kehilangan panjang  belum lagi kilau, volume, dan kehalusan,” tambahnya. 

2. Makan makanan yang tepat

Memiliki rambut yang panjang dan kuat juga tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

"Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda perlu 'memberi makan' rambut dari dalam," jelas Francesca Fusco, M.D., seorang dokter kulit di NYC.

Jadi makanan apa yang membuat rambut tumbuh lebih cepat Yakni tinggi protein, bahan pembangun rambut, termasuk daging dan sumber lainnya.

"Cobalah meningkatkan asupan protein Anda dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian," tuturnya.

Bahkan jika Anda bukan pecinta daging, Anda harus tetap menjaga pola makan tinggi protein untuk pertumbuhan rambut.

"Wanita yang tidak mendapatkan cukup sering mengalami "lebih banyak kerontokan rambut," tambah Dr. Fusco.

3. Tambahkan vitamin kesehatan rambut ke rutinitas pagi 

Jika diet Anda tidak memberi Anda nutrisi yang cukup, suplemen bisa membuat perbedaan besar.

"Carilah multivitamin yang diformulasikan dan diberi label 'untuk rambut, kulit, dan kuku, itu mengandung vitamin penting seperti biotin dan C dan B yang dapat mendukung kesehatan rambut." saran Dr. Fusco.

Wakil direktur Good Housekeeping Institute Nutrition Lab Stefani Sassos menyarankan vitamin dan mineral ini untuk berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

- Vitamin A

- Vitamin C

- Vitamin E

- Seng

- Besi

- asam lemak omega-3

 

4. Kurangi sampo dan lebih banyak menghidrasi

Seberapa sering Anda keramas sebenarnya berdampak pada kesehatan rambut Anda.

"Keramas rambut Anda cukup dua hingga tiga kali seminggu memungkinkan minyak alami Anda menembus rambut Anda, memungkinkannya untuk menghidrasi dan memperbaiki dirinya sendiri," jelas Ken Paves, penata rambut selebriti di L.A.

Untuk rambut yang lebih tebal dan tampak lebih penuh dengan cepat, pilih sampo berlabel "volumizing" atau "penebalan".

Menurut pro GH Beauty Lab Melapisi helai rambut Anda dengan kondisioner dalam yang halus atau masker rambut atau detangler rambut secara teratur juga dapat membantu mencegah kerusakan saat mengurai helai rambut.

 “Oleskan masker rambut yang dibeli di toko atau DIY dari akar ke ujung seminggu sekali, satu dengan kayu manis dapat merangsang sirkulasi darah untuk mendorong rambut yang lebih kuat dan lebih panjang dalam waktu singkat, kata Liana Zingarino, penata rambut lepas yang berbasis di New York City.

5. Buang pemutih

Secantik penampilan rambut platinum, beralih dari warna yang lebih gelap ke pirang muda bisa berdiri di antara Anda dan rambut Anda yang paling panjang.

"Ketika kutikula rambut rusak akibat pemutih, Anda bisa memiliki lebih banyak kerusakan atau ujung bercabang," jelas Elizabeth Hiserodt, pewarna senior di Cutler Salon di New York City.

"Semakin sedikit perawatan kimia, semakin baik pertumbuhan rambut Anda." tegasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

6. Hindari menata rambu berlebihan

"Berhentilah menata rambut Anda secara berlebihan," Jika Anda harus menggunakan panas, agar menurunkan suhu dan selalu menggunakan pelindung panas. Jika tidak, Anda berisiko merusak rambut Anda, menyebabkan kerusakan dan keriting.” kata Paves.

7. Sikat rambut secara teratur

Tidur dengan rambut yang tidak disisir mungkin tampak menggoda saat Anda lelah, tetapi memberikan beberapa sapuan cepat pada rambut bisa sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.

"Mulai dari kulit kepala, gunakan sikat bulu babi untuk mengoleskan minyak kulit kepala Anda secara merata ke rambut Anda sehingga tetap lembab secara alami," rekomendasi Meri Kate O'Connor, stylist selebriti dan pewarna di Cooper di West Hollywood, CA. 

Langkah sederhana ini setiap malam juga membantu meningkatkan sirkulasi, yang membantu membuat kulit kepala Anda lebih sehat.

8. Jaga agar kamar mandi lebih dingin dan fokus pada perawatan kulit kepala

Mandi air panas dapat membuat kulit Anda dehidrasi  dan juga membuat rambut Anda kasar.

"Turunkan suhu air saat membersihkan, dan berikan sedikit cinta ekstra pada kulit kepala Anda. Pijat dengan jari-jari Anda saat Anda keramas untuk menghilangkan kotoran secara mendalam dan membantu meningkatkan sirkulasi.” saran Paves.

9. Melindungi rambut dari kerusakan fisik

Rambut sangat rentan patah saat basah, jadi sebagai gantinya, uraikan rambut sebelum keramas.

 "Paparan air membengkak dan meregangkan batang rambut, yang menyebabkan lapisan luar seperti sirap terangkat, dan menambahkan tekanan dari menyikat dalam keadaan itu dapat menyebabkannya patah," kata ahli kimia senior Good Housekeeping Institute Beauty Lab, Sabina Wizemann.

“Jika Anda harus mengurai rambut saat basah, lakukan dengan cara yang benar yakni oleskan kondisioner tanpa bilas dari akar hingga ujungnya dan gunakan sisir bergigi lebar yang lebih lembut atau sikat anti kusut untuk mengurangi gesekan, kerjakan dari ujung ke atas dalam ukuran kecil. bagian untuk mencegah rambut sobek.”ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tips Lainnya

10. Tidur di atas sarung bantal sutra

mengganti sarung bantal Anda dan menuai manfaat sutra yang menyehatkan rambut.

 "Sutra lebih mudah untuk rambut membantu menghindari kusut dan kerusakan," kata Jesleen Ahluwalia, M.D., asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai di NYC.

Semakin sedikit kerusakan yang dialami rambut Anda, semakin panjang rambut Anda.

11. Coba gunakan minoxidil

Ambil sebotol Rogaine Wanita, rekomendasidirektur kecantikan GH April Franzino.

"Bahan aktif, minoxidil, disetujui FDA dan terbukti membantu menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali rambut dengan penggunaan berkelanjutan sesuai dengan petunjuk kemasan."

Untuk solusi yang lebih bertarget, ambil Solusi Topikal Minoxidil 2% miliknya dan gunakan aplikator penetes untuk fokus pada area masalah yang lebih spesifik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.