Sukses

Ini Nih Nutrisi yang Bisa Memperlambat Penuaan Kulit, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua atau sembarang produk perawatan kulit mampu memperlambat penuaan wajah. Jadi, setiap pengguna sebaiknya benar-benar memperhatikan kandungan yang tercampur di dalam produk skincare karena ada beberapa jenis nutrisi yang mendukung menunda penuaan wajah.

Hubungan antara nutrisi dan kondisi kulit atau lebih tepatnya pengaruh nutrisi pada penuaan kulit telah menjadi bidang yang menarik bagi semua orang.

Penuaan kulit adalah proses alami yang kompleks yang didistribusikan sebagai penuaan kronologis dan penuaan foto dan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Sebagian besar dari kita ingin tetap terlihat segar dan semuda mungkin dan meskipun tidak ada cara untuk berhenti atau melakukan perjalanan kembali ke masa lalu.

Namun, beberapa nutrisi dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, kata Ahli Nutrisi Klinis Shivika Seth.

Lantas, apa saja nutrisi yang dapat membantu memperlambat penuaan wajah?

Dilansir dari Pinkvilla, Senin (12/9/2022), berikut ini nutrisi-nutrisi yang dapat memperlambat penuaan kulit.

1. Vitamin C

Bagian penting dari kulit manusia yang bermanfaat terutama dengan merangsang biosintesis kolagen. Kolagen adalah salah satu zat pengisi alami di kulit seiring bertambahnya usia. Kolagen yang menurun apalagi penurunan tersebut muncul sebagai akibat dari pembentukan garis-garis halus dan kerutan serta hilangnya volume dan kontur pada kulit yang menua.

2. Likopen

Likopen milik keluarga karotenoid yang sangat penting untuk pematangan kulit. Hal ini karena likopen tinggal di lapisan luar kulit.

Sementara itu, tingkat karotenoid yang lebih tinggi di dalam lapisan ini mampu meningkatkan kekencangan kulit dan hidrasi mengurangi kerutan dan bahkan meningkatkan produksi kolagen.

Sebagai informasi, makanan yang likopen tinggi dan bisa Anda coba termasuk tomat, semangka, jeruk bali merah, jambu jambu merah muda, dan pepaya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Nutrisi Lain

3. Vitamin E

Kompleks vitamin E adalah kelompok 8 senyawa yang disebut tokoferol. Tokoferol adalah antioksidan terikat membran yang larut dalam lemak. Asupan produk vitamin E alami dapat membantu melawan ikatan silang kolagen dan peroksidasi lipid duo ini terkait dengan penuaan kulit Jumlah tokoferol yang tinggi tersedia dari almond biji bunga matahari alpukat dan banyak lagi.

4. Vitamin B3

Menurut sebuah penelitian, bentuk vitamin B3 yang tersedia secara komersial yang disebut nicotinamide riboside (NR) chloride atau NIAGEN. Nutrisi ini meningkatkan enzim kunci dalam sel kita yang berpotensi memperlambat proses penuaan, enzim yang disebut nicotinamide adenine dinucleotide NAD dan ditemukan di semua sel. bertanggung jawab untuk perbaikan DNA.

5. Zinc

Zinc membantu mencegah pembentukan kerutan pada tingkat molekuler dengan memperkuat membran sel dan membawa sel-sel muda baru ke permukaan. Selain itu, nutrisi ini pun merangsang antioksidan dan pertahanan kekebalan terhadap penuaan kulit

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS